Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan & Duta Pancasila BPIP)

SEPERTI biasa diawal tahun pelajaran baru ini, para orang tua disibukkan dan dipusingkan dengan urusan pendidikan buah hatinya. Bahkan demi masa depan buah hatinya mereka antri berjam-jam untuk mencari sekolah yang menjadi keinginan orang tuanya, tanpa melihat talent buah hatinya.

Kadang ada pula yang mencarinya secara online. Sekolah ini, bisa sekolah negeri, sekolah swasta yang favorit, terkenal, maju, baik, disiplin dan berkualitas.

Khusus untuk sekolah Islam ada Sekolah Islam Terpadu, Sekolah Berbasis Keagamaan dan Pondok Pesantren (Ponpes) yang dinilai bermutu juga.

Bahkan sejak era tahun 2000 sekolah yang terakhir ini (Sekolah Islam dan Ponpes) menjadi pilihan pertama orang tua dari golongan muslim ekonomi menengah ke atas, pengusaha bahkan pejabat.

Mengapa hal ini terjadi, karena bagi orang kaya dan pejabat yang super sibuk, cara yang gampang untuk mendidik buah hatinya ya dimasukkan ke sekolah Islam dan Ponpes, minimal urusan ilmu agama buah hatinya terpenuhi, gaes.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

Nah sekarang mau pilih mana antara sekolah negeri, swasta, Islam Terpadu, berbasis keagamaan dan Ponpes. Atau penulis singkat menjadi 2 jenis sekolah saja, yaitu sekolah umum dan sekolah agama (Ponpes)?

Secara kasat mata yang namanya sekolah umum yang unggul adalah akademisnya (mata pelajaran umum) sedang sekolah agama yang unggul adalah mata pelajaran agamanya.

Maka sekarang muncul Sekolah Islam Terpadu dan Ponpes Modern, kedua sekolah agama ini ingin unggul sekaligus pada mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama.

Maka sekolah umum, sekarang juga tidak mau ketinggalan, ingin juga unggul pada mata pelajaran agama, setiap hari melakukan tadarus Al Qur’an dan shalat duha sebelum belajar dimulai, juga mengadakan peringatan agama, ada juga ekskul keagamaan selain ada Rohis, dan menerima para penghafal Al Qur’an.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, 27 April 2024

Untuk mengukur apakah sekolah umum atau sekolah agama itu membawa keberkahan, sangatlah mudah, yaitu ada perubahan atau tidak pada buah hati kita setelah minimal satu semester menuntut ilmu di sekolah tersebut.

Menurut Habib Hasan bin Ahmad pengertian berkah itu bertambahnya kebaikan dan kemuliaan dari Allah baik di dunia maupun di akhirat. Jadi jika buah hati kita sekarang punya adab dengan orang tua dan semakin rajin beribadah, sopan, disiplin, mandiri, dan sifat yang baik lainnya, itu tanda sekolah tersebut sudah membawa keberkahan. Jayalah Indonesiaku. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================