Saat usianya masih lima hingga enam bulan, bobotnya sudah bisa mencapai 35-45 kilogram. sedangkan saat sudah berusia dewasa, individu jantan dapat memiliki bobot di kisaran 120-150 kilogram untuk pejantan, dan 80-90 kilogram untuk bobot betina.

Tak heran, jika kambing boer dari tahun ke tahun kian banyak diminati sebagai hewan kurban karena memang bobot dagingnya yang dikenal tebal.

Kambing muara

kurban

Kambing muara merupakan salah satu jenis kambing lokal yang paling terkenal. Berasal dari wilayah yang memiliki nama sama, yakni Kecamatan Muara, Babupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Tak kalah unggul dengan dua jenis sebelumnya, kambing muara juga dikenal sebagai penghasil daging dan susu yang melimpah dari ras kambing lokal. Tinggi pundak individu betina bisa mencapai 69,7 sentimeter. Sedangkan pada kambing jantan tingginya bisa mencapai 87,6 sentimeter.

Dari segi bobot, kambing muara jantan bisa memiliki berart berkisar 68 kilogram, dan 49 kilogram untuk betina. Jika dibandingkan posisi kambing muara berada di kelas yang sama dengan kambing hasil peranakan etawa dengan kambing lokal.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Tentu karena merupakan kambing lokal, salah satu keunggulan yang dimiliki dari jenis kambing satu ini adalah kemudahan dalam pembudidayaan. Sebagai hewan ternak mereka tahan terhadap iklim dan cuaca tropis di Indonesia, dan bisa hidup dengan baik dalam kondisi panas ataupun hujan.

Lain itu dari segi pakan, kambing muara Tapanuli juga memiliki daya tahan tubuh yang baik. Serta tetap bisa berkembang dan tumbuh dengan baik meski mendapat pakan yang minim.

Kambing gembrong

kurban

Salah satu jenis lain dari kambing Indonesia, yang berasal dari wilayah Bali terutama di Kabupaten Karangasem. Penamaan gembrong sendiri diberikan lantaran cirinya yang memiliki bulu panjang dan lebat.

Bulu tersebut terlihat mengkilap dan tumbuh mulai dari kepala hingga ekor. Bila dibiarkan, panjangnya bisa mencapai 25-30 sentimeter. Karena itu biasanya peternak akan secara rutin memotong bulu yang dimaksud, agar tidak menutupi bagian mata dan telinga, yang akan mempersulit kambing saat makan.

BACA JUGA :  Kebakaran Hangsukan Kapal Wisata Sea Safari 7 di Perairan Labuan Bajo

Kambing gembrong sebenarnya merupakan hasil persilangan antara kambing Kashmir dengan kambing Turki. Kedua jenis kambing tersebut dibawa masuk ke Bali dari luar negeri sebagai hadiah untuk seorang bangsawan Bali, yang kemudian berkembang sampai sekarang.

Warna dominan tubuh kambing gembrong pada umumnya putih dengan sebagian berwarna cokelat muda. Tinggi bahu kambing dewasa bisa mencapai 58-65 sentimeter, dengan bobot badan dewasa di kisaran 32-45 kilogram.

Sayangnya kambing gembrong saat ini bisa dibilang ada di kondisi terancam punah, karena populasi serta pembudidayaannya yang semakin sedikit. Sehingga di samping itu, ada juga yang mengawin silangkan jenis kambing satu ini dengan kambing peranakan etawa. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================