YSK
Yayasan Satu Keadilan (YSK) bersama dengan Search for Common Ground (SFCG) menggelar dialog lintas iman dan kepercayaan di Cafe Joglo Silaturasa, Jalan Parakan Salak Desa Kemang, Kecamatan. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/7/2022). Foto : bas/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Yayasan Satu Keadilan (YSK) bersama dengan Search for Common Ground (SFCG) menggelar dialog lintas iman dan kepercayaan di Cafe Joglo Silaturasa, Jalan Parakan Salak Desa Kemang, Kecamatan. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/7/2022).

Dialog lintas iman dan kepercayaan tersebut dihadiri berbagai unsur, seperti komunitas masyarakat sipil, perwakilan institusi pendidikan, jurnalis, influencer dan kelompok agama serta kepercayaan, yang berada di Kota Depok dan Bogor.

Ketua YSK, Sugeng Teguh Santoso atau lebih akrab disapa STS menyebut bahwa tujuan dari kegiatan dialog antar iman dan kepercayaan ini adalah untuk mendapatkan pandangan perwakilan agama atau kepercayaan sebagai upaya bersama membangun toleransi keberagaman di masyarakat, khususnya di Kota Bogor dan kota Depok.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Selain itu, juga untuk memperkuat hubungan kerjasama kelembagaan dan individu untuk membangun dan merawat toleransi di masyarakat beragama dan berkeyakinan. Sebab, kata STS hak asasi setiap warga negara menganut agama serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 29 ayat 1 dan 2.

“Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap warga negara untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya, selain itu pemerintah juga berkewajiban melindungi setiap warga negara dapat melaksanakan ajaran agama dan beribadah pemeluk-pemeluknya,” ujar STS saat ditemui bogor-today.com di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA :  Daftar Bacawalkot ke PPP, ZM Ungkap Dr. Rayendra Berpotensi Pimpin Kota Bogor

Menurutnya, intoleransi dapat terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap keberagaman yang ada di Indonesia dan banyaknya stereotip negatif tentang kelompok tertentu. Oleh sebab itu, dialog lintas iman dan kepercayaan merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang kepercayaan dan agama yang berbeda.

============================================================
============================================================
============================================================