BOGOR-TODAY.COM, BLORA – Viral di jagat maya kabar pesawat latih tempur T-50i Golden Eagle jatuh di Blora. Pesawat tersebut jatuh dan meledak di sebelah barat area pertapaan yang ada di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, hingga kondisinya hancur berkeping-keping bersama sang pilot.

Pesawat tersebut diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W dari Skuadron Udara 15 TNI AU yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Senin malam (18/7/2022).

Banyak warga yang berbondong-bondong ke lokasi pesawat Jatuh di Blora, termasuk Wahyudi, Perangkat Desa Nginggil. Ia mengungkapkan, awal viralnya peristiwa tersebut dari foto-foto maupun video amatir yang didokumentasikan warga.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Serukan DOB Bogor Barat di Leuwiliang, Dihadiri Pj Bupati dan Jaro Ade

“Jadi posisi saya lagi maen ke rumahnya pak (Rukun Tetangga) RT 03, itu pas di sana lagi ngobrol ada suara pesawat, terus suara ledakan,” ungkap Wahyudi kepada awak media di sekitar lokasi kejadian, Selasa dini hari (19/7/2022).

Wahyudi mengatakan bahwa peristiwa meledaknya pesawat tersebut terjadi pada Senin malam (18/7/2022). Saat itu, waktunya hampir sekitar pukul 19.00 WIB, seusai maghrib.

“Habis (meledak) itu pesawatnya berhenti suaranya. Pada ngira-ngira, mosok pesawate mbledos,” katanya.

Setelah mendengarkan suara tersebut, Wahyudi kemudian pulang untuk makan. Selanjutnya, lalu dirinya ke rumah Sekretaris desa (Sekdes) Nginggil dan tiba-tiba telepon selularnya dihubungi pihak RT yang mengabarkan kepastian adanya peristiwa pesawat jatuh di sebelah barat pertapaan.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

“Di mana Mas? di rumahe Mas joni, pak. Ternyata pesawat tenan neng kulone tapan, iki aq karo warga-warga wes neng lokasi. Nggih pak, kulo mriku. (Ternyata benar ada pesawat meledak di baratnya pertapaan, ini saya dan warga-warga sudah di lokasi. Iya pak, saya ke sana),” ucap Wahyudi menceritakan.

Mengetahui adanya kepastian itu, dirinya menuturkan selanjutnya Sekdes Nginggil telepon anggota TNI Polri yang bertugas menjadi Babinsa dan Bhabinkamtibmas di kampungnya tersebut agar segera datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

============================================================
============================================================
============================================================