Balance Bike
Sejumlah pembalap sepeda balance usia dini berlomba dalam Festival Kreatif Hari Anak Nasional (HAN) di Mako Polresta Bogor Kota, Kapten Muslihat, Kota Bogor, Sabtu (23/7/2022). FOTO : BOGOR-TODAY.COM / Aditya

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Demi tumbuh kembang buah hatinya para orang tua berlomba-lomba memberikan kegiatan terbaik, salah satunya memasukan mereka ke dalam komunitas Balance Bike Bogor atau lebih dikenal dengan Balabiboo.

Balance bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal yang diperuntukan bagi anak-anak berusia 18 bulan hingga 6 tahun.

Komunitas Balabiboo sendiri telah hadir di Bogor sejak 2018 lalu. Tujuan dibentuknya adalah untuk melatih keseimbangan dan merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak menggunakan sepeda roda dua.

BACA JUGA :  Dessert Lezat dengan Puding Jagung Manis Malaysia yang Lembut Legit

Tapi bukan hanya pada keseimbangan saja, balance bike ini memiliki banyak manfaat pada tumbuh kembang anak, diantaranya adalah melatih sensorik, motorik, fokus, emosional pada anak.

Koordinator Balabiboo, Anne Noviani mengungkapkan balance bike tidak hanya berada di Indonesia, akan tetapi di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Jepang, Inggris, Korea, dan negara maju lainnya sudah lama dijadikan media belajar bersepeda usia dini.

BACA JUGA :  Bima Arya Takziah ke Keluarga Korban Longsor, Pastikan Penanganan Berjalan

Di Kota Bogor, sambung Anne penyuka balance bike pun berkumpul dalam satu komunitas dengan nama yang sama yang diprakarsai oleh Tri Wibowo dan team bernama Balance Bike Indonesia (BBID).

BBID merupakan komunitas non profit yang berfokus pada tumbuh kembang anak. Untuk membuat bermain semakin menyenangkan, maka dibentuk komunitas ditiap-tiap kota mewakili BBID.

============================================================
============================================================
============================================================