Merawat dan Melembabkan Kulit Tangan Kering dan Kasar dengan Bahan Alami

BOGOR-TODAY.COM – Kulit tangan kering umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan. Cuaca, misalnya, bisa menyebabkan kulit tangan jadi kering.

Penyebab terjadinya kulit kasar dan kering biasanya dikarenakan sering mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu.

Walaupun sebenarnya secara teknis, memeiliki kulit kering bukanlah kondiri yang berbahaya, namun bagi sebagian orang kondisi seperti ini menjengkelkan, dan membuat kurang percaya diri.

Nah maka dari itu, kamu memerlukan perawatan dengan bahan alami yang telah kami rangkum.

Berikut bahan alami untuk mengatasi kulit kasar dan kering

  1. Madu

Madu adalah pelembap dan humektan yang bagus untuk semua jenis kulit, yang telah dikuatkan oleh banyak penelitian. Humektan adalah zat apa pun yang menarik air untuk menjaga kelembapan. Humektan topikal seperti madu memerangkap kelembapan ke dalam kulit Anda agar tetap lembut dan terhidrasi.

Selain itu, madu menunjukkan sifat antiseptik, antimikroba, antiinflamasi, anti alergenik, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit Anda.

Anda hanya perlu mengoleskan langsung madu organik yang sedikit diencerkan atau madu kelas medis yang tersedia di toko obat ke tangan Anda.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 2 Truk CPO dan Mobil di Sijunjung Tewaskan 2 Sopir

Biarkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air hangat.

  1. Gosok perlahan dengan gula atau beras

Butiran gula atau butiran beras mentah keduanya dianggap abrasif ringan, yang berarti mereka memiliki efek menggosok lembut pada kulit.

Jadi, scrub gula atau beras dapat digunakan dengan aman untuk menghilangkan kulit mati dan bersisik dari tangan Anda yang kering tanpa menyebabkan kerusakan atau iritasi lebih lanjut.

Setelah kulit mati terkelupas, kulit baru akan tumbuh menggantikannya. Pengelupasan lembut ini membantu merangsang sirkulasi darah dan regenerasi kulit, membuat tangan Anda terasa lembut dan kenyal.

  1. Oatmeal

Oatmeal koloid telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat topikal selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk xerosis (kulit kering), eksim, eritema (kemerahan kulit), pruritus (gatal), dan luka bakar.

Oatmeal dapat melembapkan kulit, mengekang peradangan yang mendasari yang sering bertanggung jawab atas kekeringan, meminimalkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, dan juga membantu dalam penumpahan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi yang baru.

  1. Minyak herbal
BACA JUGA :  Kebakaran di Medan Hanguskan Ruko 3 Lantai, 3 Orang Terluka

Minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, minyak jojoba, minyak jarak, dan minyak lain yang mengandung vitamin E sangat bagus untuk melembapkan dan memperbaiki kulit Anda tanpa menyebabkan iritasi yang tidak semestinya atau efek samping lainnya.

Anda cukup memberi beberapa tetes minyak ke tangan dan melakukan pijatan lembut. Dan aplikasikan kembali saat efek pelembap mulai hilang atau setelah mencuci tangan.

  1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya terkenal dengan manfaat kulitnya. Karena tidak hanya memberikan kelembapan pada kulit, tetapi juga membantu menyegelnya untuk hidrasi dan kelembutan yang tahan lama.

Selain itu, gel lidah buaya penuh dengan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menunda penuaan kulit. Ini mudah meresap ke dalam kulit untuk merangsang fibroblas untuk memproduksi lebih banyak protein pembangun kulit yang disebut kolagen dan elastin, sehingga meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================