ilustrasi puasa

BOGOR-TODAY.COM – Dalam ajaran Islam, bulan Muharram memiliki keutamaan. Bahkan diyakini sebagai bulan suci dan dimuliakan setelah bulan Ramadhan. Salah satu upaya mendekatkan diri pada Allah SWT, bisa melalui puasa Puasa Tasua dan Asyura di bulan ini.

Puasa sunnah Tasua dan Asyura ditunaikan pada tanggal 9 dan 10 Muharram pada Kalender Hijriyah. Sehingga jatuh pada hari Minggu dan Senin, berarti tanggal 7-8 Agustus 2022.

Dalam konteks puasa sunah Tasua (9 Muharram) dan Asyura (10 Muharram), terdapat berbagai amalan istimewa yang bisa dikerjakan oleh orang muslim untuk mengiringi ibadah kedua puasa sunah tersebut. Sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Apalagi jika mengetahui keutamaan dari berpuasa Tasua dan Asyura, Insyaa Allah akan menambah semangat beribadah. Sebagai bentuk berbondong-bondong dalam kebaikan dan berusaha jadi muslim yang taat.

BACA JUGA :  Rendah Fluktosa, 4 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes

Dalil Puasa Tasua dan Asyura

Sebelum melangkah dalam materi bacaan niat puasa Tasua dan Asyura, alangkah baiknya kita memahami lebih dalam dulu terkait kedua sunah puasa ini. Dasar hukum dari puasa Tasua dan Asyura berdasarkan sejumlah hadis.

Rasulullah SAW sendiri dalam riwayat Muslim menjelaskan bahwa ia ingin bisa menunaikan puasa Tasua atau pun Asyura sekiranya ada umur pada tahun mendatang.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَئِنْ بَقِيتُ إِلَى قَابِلٍ لَأَصُومَنَّ التَّاسِعَ وَفِي رِوَايَةِ أَبِي بَكْرٍ قَالَ يَعْنِي يَوْمَ عَاشُورَاءَ

BACA JUGA :  Cara Membuat Kentang Mustofa yang Sangat Lezat Anti Gagal

Artinya: “Dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Kalau sekiranya aku hidup hingga tahun depan, niscaya aku akan puasa pada hari Sembilan (Muharram)’ pada riwayat Abu Bakar ia berkata, yakni ‘pada hari sepuluh (Muharam),'” (HR Muslim).

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura

Berikut ini keutamaan menunaikan ibadah sunah puasa Tasua dan Asyura di bulan suci Muharam:

  1. Berpuasa di Hari Bertaubat

Keutamaan puasa Tasua dan Asyura ini merujuk dari letak jatuhnya hari ke-9 dan ke-10 di bulan Muharam. Keduanya berada di bulan yang dianggap suci dan disebutkan oleh Rasul SAW sebagai waktu yang tepat untuk bertaubat.

============================================================
============================================================
============================================================