Niat Puasa Tasua dan Keutamaannya

puasa tasua

BOGOR-TODAY.COM – Tahun ini 9 Muharram 1444 Hijriyah jatuh pada  hari Minggu 7 Agustus 2022. Di hari ini umat Islam disunnahkan untuk menjalankan ibadah Puasa Tasua. Hari berikutnya dianjurkan juga untuk melaksanakan puasa Asyura.

Ada sejumlah hadits yang menyebutkan tentang keutamaan Puasa Tasua dan Puasa Asyura. Puasa Tasua adalah ibadah sunnah yang dilaksanakan pada 9 Muharram. Sementara Puasa Asyura adalah ibadah sunnah di tanggal 10 Muharram.

Baca Juga :  Sering Konsumsi Minuman Ini Bikin Cepat Tua, Apa Saja?

Di dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 3, Prof Wahbah Az Zuhaili menyebutkan bahwa para ulama menyepakati Puasa Tasua termasuk ke dalam puasa sunnah.

Para ulama Mahzab Hanafi mengkategorikan puasa Tasua dan Asyura ke dalam ibadah sunah Masnun, yakni ibadah yang kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Sungguh seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 (Muharram).”

Baca Juga :  Perkosa Gadis Keterbelakangan Mental, Pria di Aceh Dihukum Cambuk 100 Kali

Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha dalam buku Panduan Muslim Sehari-hari menyebutkan bahwa keutamaan menjalankan Puasa Asyura, di hari kesepuluh bulan Muharram adalah diampuninya dosa satu tahun yang telah lalu. Begitu juga dengan puasa Tasua di hari kesembilan bulan Muharram.