Tak Syuting di Lantai 7 Rusun untuk Pengabdi Setan 2, Ini Alasan Joko Anwar

BOGOR-TODAY.COM – Rumah susun tua yang sudah terbengkalai menjadi pilihan sebagai set utama film Pengabdi Setan 2: Communion oleh Sutradara Joko Anwar. Namun, lantai 7 rusun tersebut tidak digunakan sebagai lokasi syuting.

Alasan tim produksi film tak menggunakan lantai 7 rumah susun itu diungkap Joko Anwar.

Joko Anwar mengatakan bahwa alasan tidak menggunakan lantai 7 rusun tersebut karena kotor dan berdebu.

“Ya, lantai 7 doang karena itu yang paling kotor ya. Enggak pernah dimasuki orang, itu paling berdebu. Jadi, enggak kita masuki,” ujarnya di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (4/8) malam.

“Berdebu, karena paling berdebu,” sambung Joko Anwar menegaskan kembali.

Terkait apakah ada cerita horor di rusun itu, sutradara 46 tahun itu mengatakan setiap peristiwa supranatural yang terjadi di kala syuting itu dapat dijelaskan secara ilmiah.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 2 Mei 2024

“Misalnya kalau ada yang katanya kesurupan, itu biasanya kalau dia terlalu capek, di ruangan tertutup itu kurang oksigen kan menciptakan halusinasi. Ada penjelasannya sih biasanya,” terang dia.

Cerita di balik rumah susun yang menjadi lokasi utama syuting film tersebut. Setelah pencarian selama berbulan-bulan, akhirnya sang sutradara menemukan rumah susun yang memiliki aura yang sama dengan film sekuelnya itu. Hal itu diungkap Joko Anwar.

“Rumah susun ini terletak di Jakarta, dan sudah tidak ditinggali atau kosong selama lima belas tahun,” kata Joko Anwar.

“Ketika kita masuk, auranya sangat terasa kalau ini aura rusun Pengabdi Setan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Joko Anwar mengungkap rumah susun tua tersebut memiliki salah satu tempat terlarang yang terletak di lantai 7. Ia berkata bahwa tempat tersebut menyimpan cerita tersendiri yang enggan diungkap olehnya.

BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

“Pernah ada satu orang yang masuk, dan sesuatu yang tidak enak kemudian terjadi. Tidak usah saya ceritakan detail karena takutnya nanti akan jadi sensasional,” tambahnya berkelakar.

Pengabdi Setan 2: Communion resmi rilis di bioskop pada Kamis (4/8) kemarin. Bangku sutradara dan penulis masih diduduki oleh Joko Anwar.

Film kedua ini bercerita soal kelanjutan kisah keluarga Suwono bertahan hidup usai teror horor ibu dalam film pendahulunya, Pengabdi Setan (2017).

Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, dan Ayu Laksmi kembali ambil peran dalam film tersebut. Selain itu, ada beberapa pemain baru, seperti Ratu Felisha, Muzakki Ramdhan, hingga Kiki Narendra. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================