BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Komunitas Literasi Nusantara Menggelar Seminar online dengan tema “Transformasi Pendidikan Menyongsong SDM Di Era Society 5.0”, kegiatan berlangsung via zoom meeting dengan melibatkan narasumber yang kompeten dibidangnya.

Direktorat Sumber Daya Dirjen Dikti, Asep Khoerudin mengapresiasi kegiatan tersebut, dengan harapan bisa menjadi motivasi maupun inspirasi bagi para generasi muda dan bahkan masyarakat pada umumnya.

“Transformasi Pendidikan perlu diupayakan dengan melihat melalui perspektif revolusi industri sejak abad 18 hingga sekarang. Tantangan pendidikan saat ini adalah terjadinya demokratisasi, transformasi kesenjangan sosial, dan ketergantungan,” ujar Asep.

BACA JUGA :  Bima Arya Sempatkan Tinjau Penataan Fasad Otista

“Pengembangan SDM unggul dari hulu ke hilir harus tersambung, agar jangan sampai terputusnya mata rantai antara kompetensi yang diajarkan dengan kemajuan agar nantinya sesuai dengan kebutuhan dunia profesi,” imbuhnya.

Sementara itu, Tim Percepatan Kabupaten Bogor, Dr. Saepudin Muhtar mengatakan, transformasi pendidikan menyosong sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kelebihan yakni bonus demografi.

“Oleh karena itu, perlu mengkonstruksi bergaining konsep berfikir bagi generasi milenial dan generasi Z dalam konteks pendidikan. Untuk bagaimana berfikir berbasis penilitian, inquiry learning, project, dan berbasis problem. Bahwa literasi dsangat diperlukan sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan menjadi bekal kehidupan selanjutnya,” kata pria yang akrab disapa Gus Udin.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 20 April 2024

Tidak hanya itu, dalam menyongsong Era society 5.0 memerlukan  generasi yang SIAP (sadar inovatif adaptif dan peduli), hal ini perlu didorong melalui proses pendidikan mengedepankan 5M.

============================================================
============================================================
============================================================