BOGOR-TODAY.COM – Di Indonesia sempat ada suspek atau dugaan kasus cacar monyet. Tapi, Kementerian Kesehatan hingga awal Agustus 2022 memastikan belum ada temuan kasus positif monkeypox. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit yang telah menjadi sorotan kesehatan global ini, kenali gejala cacar monyet yang perlu diwaspadai.

Apa itu Cacar Monyet?

Cacar monyet adalah penyakit infeksi virus monkeypox yang kini perlu diwaspadai. Penyakit ini awalnya menyerang manusia pada 1970 silam di Republik Demokratik Kongo, Afrika. Namun, sejak awal 2022 cacar monyet menyebar secara luas dan telah terdeteksi sedikitnya di 79 negara; termasuk Inggris, AS, dan Singapura.

Gejala cacar monyet

Ada beberapa gejala cacar monyet yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Demam

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), demam adalah tanda awal cacar monyet. Gejala ini dapat muncul sejak penderita terpapar virus penyebab cacar monyet sampai sekitar lima hari.

  1. Sakit kepala parah
Baca Juga :  Rumah Makan Tahu Sumedang di Garut Ludes Terbakar Akibat Lupa Matikan Tungku Penggorengan

Selain demam, di tahap awal penyakit, penderita cacar monyet juga bakal merasakan sakit kepala parah.

  1. Kelenjar getah bening bengkak

Ciri-ciri cacar monyet yang khas dan tidak dirasakan penderita cacar air atau cacar lainnya yakni pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening yang bengkak ini dapat teraba di ketiak, leher, atau selangkangan.

  1. Lemas

Seperti penyakit infeksi virus dan kuman lainnya, penderita cacar monyet juga bakal merasakan badannya lemas.

  1. Ruam

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ciri-ciri cacar monyet yang beda dari penyakit lain adalah ruam. Ruam gejala cacar monyet bisa berlangsung selama tiga minggu. Ruam ini awalnya berupa lesi, bercak, atau bintik kemerahan yang muncul selama 24 jam. Setelah empat hari, ruam akan berkembang menjadi bintik-bintik berisi cairan dan nanah. Selang enam hari, ruam bakal mengering. Kemudian, ruam akan menjadi keropeng setelah sembilan hari. Ruam ini biasanya muncul di dekat alat kelamin, dekat anus, tangan, kaki, dada, wajah, mulut, dan dekat mata.

  1. Nyeri otot dan sakit punggung
Baca Juga :  Kreasi Bekal Sekolah Anak, Resep Telur Gulung Sosis

Sakit otot dan sakit punggung juga bisa jadi gejala sampingan ketika penderita terkena cacar monyet.

  1. Kelelahan

Penderita yang terinfeksi virus, termasuk cacar monyet, terkadang juga merasakan badannya kelelahan.

  1. Gangguan pernapasan

Di beberapa kasus, penderita cacar monyet juga mengalami gangguan pernapasan seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk.