Flu terhadap kucing
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Penyakit flu tak hanya menyerang manusia, akan tetapi flu juga bisa dirasakan oleh binatang, salah satunya adalah kucing. Namun, jika flu pada manusia disebabkan oleh virus influenza, flu kucing utamanya terjadi karena infeksi Feline calicivirus (FCV) dan Feline herpesvirus type 1 (FHV-1).

Flu terhadap kucing dapat menyebabkan mengalami sejumlah gejala, seperti bersin, mata dan hidung berair, demam, batuk, sakit tenggorokan, sariawan, kehilangan suara, sesak napas, dan nafsu makan menurun. Jika tidak diobati, flu kucing bisa menyebabkan kerusakan mata permanen, radang paru-paru, hingga kematian.

Melansir klikdokter.com, Minggu (7/8/2022) berikut  5 langkah cara mengobati kucing flu.

  1. Obat-Obatan
Baca Juga :  Serang Warga di Nagrak Sukabumi, 4 Pelajar SMK Ditangkap

Segera bawa ke dokter hewan. Supaya dokter bisa mencari tahu penyebab flu dan merekomendasikan penanganan yang tepat. Karena penyebab flu kucing umumnya adalah virus, pengobatan yang diresepkan dokter hewan biasanya hanya bertujuan untuk meredakan gejala. Artinya tidak bisa mengatasi virus penyebab flu kucing secara langsung.

Pada umumnya, dokter  akan memberi resep adalah antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Ketika virus merusak lapisan halus hidung dan saluran pernapasan kucing, bakteri bisa masuk dan menginfeksi tubuh hewan peliharaanmu.

Infeksi bakteri berbahaya karena bisa memicu komplikasi, berupa pneumonia. Karenanya, pemberian antibiotik diperlukan.

Dokter mungkin juga meresepkan obat antiperadangan untuk membantu menurunkan demam. Apabila kucing kamu kesulitan bernapas, dokter akan memberikan obat pengencer lendir yang dapat membantu bersihkan saluran napasnya.

Baca Juga :  PPJ Kota Bogor Urai Sampah Organik Jadi Magot

Obat tetes mata juga bisa diberikan untuk membantu mengatasi iritasi mata akibat flu kucing.

  1. Berikan Ruangan Khusus

Ketika terserang flu, kucing bisa mengalami stres yang justru dapat memperburuk penyakit. Karenanya, penting untuk membuat lingkungan tinggal kucing menjadi lebih nyaman.

Salah satunya adalah dengan memisahkan kucing flu dengan hewan lainnya. Isolasi kucing flu hingga dia benar-benar sembuh. Biasanya, proses pemulihan ini memakan waktu sekitar dua minggu.