Plt. Bupati Bogor Serahkan Asuransi AUTP, KUR, dan RJIT Kepada Petani Di Cariu

asuransi

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyerahkan secara simbolis polis Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok tani (Poktan) di Desa Cibatu Tiga, Kecamatan Cariu, Selasa (9/8/2022).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus mengembangkan sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM, fasilitasi prasarana sarana, dan manajemen pasca panen, melalui berbagai kegiatan.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, hari ini secara simbolis Pemkab Bogor bekerjasama dengan seluruh stakeholder, dibantu Kementerian Pertanian dan Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat menyerahkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) kepada petani.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

“Sektor pertanian beresiko tinggi mengalami gagal panen, oleh karena itu program AUTP diadakan dalam rangka memberikan jaminan rasa keamanan kepada petani dari ancaman gagal panen akibat bencana alam, hama atau hal lainnya yang berada di luar kendali manusia,” ujar Iwan.

asuransi

Iwan mengatakan, Asuransi ini 80% dari pemerintah pusat, dan 20% dari APBD. Alhamdulillah kita masih banyak dibantu oleh pusat, dan kegiatan ini bukan hanya untuk di Kecamatan Cariu tapi di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami juga bersama DPRD Kabupaten Bogor sudah membuat peraturan untuk melindungi para petani, yakni Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Kami mohon dukungan semua pihak agar Perda ini dijalankan dengan sebaik-baiknya, karena tantangannya pasti besar,” kata Iwan.

BACA JUGA :  Restoran Ramen Populer di Bogor, Hotmen Puaskan Selera dan Perut Para Penggemar

Ia mengungkapkan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bogor kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pertanian RI dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat yang telah mempercayakan Kabupaten Bogor sebagai lokus tugas pembantuan pemberian AUTP dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT).

============================================================
============================================================
============================================================