Bangkitkan perekonomian pasca pandemi
Bangkitkan perekonomian pasca pandemi, Ibu-ibu di wilayah Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lapangan Tegal Lonceng, pada Selasa (23/8/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORBangkitkan perekonomian pasca pandemi, Ibu-ibu di wilayah Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lapangan Tegal Lonceng, pada Selasa (23/8/2022) siang.

Selain dipromosikan, UMKM Margajaya ini juga didorong oleh tokoh muda yang juga pembina UMKM Margajaya Nasya Karisha Lestari untuk bisa menjadi salah satu makanan tambahan di Pos pelayanan terpadu (Posyandu) dan Pos binaan terpadu (Posbindu) di wilayah Margajaya.

Pembina UMKM Margajaya sekaligus Wakil Ketua Bidang Perdagangan dan Industri DPC Gerindra Kota Bogor, Nasya Kharisa Lestari mengatakan, dengan adanya gelar pameran produk UMKM bertujuan ingin membangkitkan ekonomi pasca pandemi Covid-19, karena diketahui ekonomi saat pandemi Covid-19 melemah.

“Di wilayah Margajaya ini UMKM dan ibu-ibunya memiliki kreatifitas. Jadi di Margajaya ada beberapa produk unggulan seperti abon lele dan bandeng isi, produk ini dilihat di wilayah lain tidak ada,” ungkap Nasya.

BACA JUGA :  Tak Sampai 1 Jam, Pasar Murah di Taman Kencana Habis Terbeli

Nasya melanjutkan, dengan adanya produk abon lele dan bandeng isi, ibu-ibu di Margajaya berinisiatif mengembangkan UMKM. Sehingga mereka bisa memiliki tambahan penghasilan dari penjualan yang meningkat setelah digelar pameran produk UMKM ini.

“Selain ikan itu makanan bergizi dan sebagai makanan tambahan, UMKM ini ikut mendorong kegiatan posyandu yang ada di Margajaya. Total ada 10 UMKM yang ikut serta dan akan dikembangkan,” jelasnya.

Nasya membeberkan, produk olahan UMKM bandeng isi, berbeda dengan presto karena daging diolah dengan bumbu lalu dimasukan kembali ke dalam kulit ikan bandeng-nya. Jadi dengan keunikan ini harus didukung pemerintah kota, agar bisa berkembang.

“Saya rasa ini unik, butuh pemasaran yang lebih agar bisa lebih besar dan menjadi khas Margajaya. Pasca pandemi UMKM bermunculan, harus dibina dan dikembangkan di wilayah Bogor. Ini bisa menyerap karyawan yang merupakan warga sekitar,” beber Nasya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Sementara itu, Lurah Margajaya, Yudi Maryudi Somiki mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan para pelaku UMKM yang peduli terhadap UMKM dan peduli kesehatan terutama di posyandu untuk melaksanakan pameran UMKM dan santunan.

“Kami mengharapkan banyak pelaku dan orang yang peduli terhadap kegiatan UMKM, tokoh-tokoh baik agama maupun perorangan yang ingin membangkitkan atau membangun UMKM. Terutama kelembagaan yang ada baik itu posyandu maupun Karang Taruna yang ada di Kelurahan Margajaya. Kami sangat mendukung penuh pameran dan berharap ada kelanjutan,” tuturnya.

Yudi memaparkan, untuk saat ini dirinya menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ke 11 posyandu yang bisa bermanfaat. Sehingga dapat memicu semangat bagi pengurusnya untuk membina atau melaksanakan posyandu setiap bulannya di wilayah masing-masing.

“Semoga tambah bangkit lagi warga yang ingin berpartisipasi jiwa sosialnya di kelembagaan,” pungkasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================