pegiat karinding
Sejumlah komunitas pegiat karinding se-Bogor Raya menggelar silaturahmi kebudayaan di kawasan Karts Gunung Kapur, Ciampea, Minggu (28/08/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Sejumlah komunitas pegiat karinding se-Bogor Raya menggelar silaturahmi kebudayaan di kawasan Karts Gunung Kapur, Ciampea, Minggu (28/08/2022). Silaturahmi kebudayaan bertemakan ‘Ruang Riung Reang Karinding‘ itu bertujuan untuk menyatukan seluruh para pegiat karinding dan seniman musik tradisional yang ada di Kabupaten dan Kota Bogor.

Ketua pelaksana, Egi Abdul Mugni menyebut dalam pentas kebudayaan itu tak hanya menampilkan karinding, akan tetapi juga alat musik tradisional lainnya yang dikolaborasikan dengan musik kontemporer, bahkan pementasan debus pun turut memeriahkan silaturahmi itu.

Baca Juga :  Resep Masakan Pepes Ikan Peda Daun Singkong

Egi menyebut, Ruang Riung Reang Karinding ini kali pertama digelar, karena pemerintah daerah belum maksimal dalam merawat para seniman dan budayawan yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor.

“Tujuan intinya silaturahmi, sebab kita tidak bisa mengandalkan kehadiran pemerintah yang acuh terhadap keberadaan para seniman dan budayawan,” ujarnya.

Egi berharap, kedepan kegiatan serupa bisa lebih ramai dan lebih guyub lagi, agar budaya dan kesenian tradisional bisa terus kita jaga hingga generasi yang akan datang.

Baca Juga :  Resep Masakan Chicken Yakiniku

Sementara, perwakilan Karinding Bogor Hudang atau KABOGOH, Asep Sopian Aziz atau akrab disapa Mulder mengaku, acara silaturahmi kebudayaan ini merupakan bentuk kepedulian para seniman karinding yang ada di Bogor. Sebab, kata dia, ramainya acara itu didukung oleh komunitas karinding dan pendukung yang peduli terhadap kebudayaan.