Meski menjanjikan, manfaat saffron dalam melawan kanker sebenarnya masih bersifat dugaan. Artinya, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan kegunaan tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian pada hewan dan tes tabung menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam saffron mampu menurunkan kolesterol dan mencegah pembuluh darah tersumbat.

Hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

  1. Memperbaiki Penglihatan pada Orang Dewasa

Saffron diduga dapat memperbaiki penglihatan pada orang dewasa yang mengalami degenerasi makula atau gangguan mata akibat usia.

  1. Mengurangi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan gejala yang dapat mengganggu wanita secara fisik, emosional, dan psikis. Kondisi ini terjadi sebelum dimulainya fase haid atau menstruasi.

BACA JUGA :  Pemuda di Cianjur Lapor Polisi usai Tahu Wanita yang Dinikahinya Ternyata Laki-Laki

Pemberian ekstrak saffron sebanyak 30 miligram setiap hari pada populasi wanita berusia 20–45 tahun ditemukan dapat menurunkan gejala PMS berupa mudah tersinggung, sakit kepala, ngidam, dan nyeri.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat bunga saffron untuk meningkatkan libido ternyata bukan isapan jempol belaka. Dalam suatu penelitian, konsumsi 30 miligram saffron per hari selama 4 minggu ditemukan mampu memperbaiki gejala disfungsi ereksi pada pria yang mengalami efek samping obat antidepresan.

Pada wanita, efeknya dapat mengurangi nyeri saat berhubungan seksual, serta meningkatnya libidio dan lubrikasi.

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Dengan mengonsumsi ekstrak saffron, para wanita dapat merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan camilan bisa berkurang.

Wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron selama 8 minggu juga ditemukan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan dibandingkan dengan konsumsi plasebo.

  1. Memperbaiki Ingatan Dewasa dengan Penyakit Alzheimer
BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Karena mengandungan antioksidan yang kuat, saffron diduga memiliki potensi dalam meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa dengan Alzheimer.

  1. Memperbaiki Suasana Hati dan Gejala Depresi

Kegunaan saffron lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Ini membuat saffron sering dijuluki “bumbu matahari”.

Faktanya, manfaat saffron dapat dirasakan lebih efektif dibandingkan dengan plasebo dalam menangani depresi derajat ringan hingga sedang. Rempah ini bahkan disebut memiliki manfaat yang setara dengan obat depresi.

Pasalnya, sebagian besar khasiat saffron yang disebutkan di atas masih bersifat dugaan alias belum terbukti sepenuhnya secara ilmiah.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================