Inilah Manfaat Daun Sage yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Daun sage (Salvia officinalis) umumnya dimanfaatkan sebagai bahan masakan karena aromanya yang kuat dan khas. Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, daun yang masih satu keluarga dengan daun mint ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal karena kandungan berbagai senyawa alami di dalamnya.

Tak hanya untuk bumbu dapur dan obat herban, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang sudah dikenal sejak ratusan tahun silam.

Berkat kandungan nutrisinya, daun ini sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di seluruh dunia. Untuk mengetahui lebih jauh seputar manfaat daun sage, mari simak artikel berikut ini.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

Kandungan Nutrisi Daun sage

Karena aromanya yang kuat, daun sage biasanya hanya digunakan dalam jumlah kecil. Dalam 1 sendok teh atau sekitar 1 gram daun sage, terdapat 2 kalori dan berbagai nutrisi berikut ini:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin, terutama vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K
  • Mineral, termasuk zat besi, kalsium, dan mangan

Daun sage juga mengandung berbagai senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antinyeri, seperti luteolin, polifenol, flavonoid, asam klorogenik, quercetin, caffeic acid, rosmarinic acid, dan ellagic acid,

Berbagai Manfaat Daun sage bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya, daun sage dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Menjaga kesehatan dan fungsi otak
BACA JUGA :  Surat Edaran Soal Study Tour, Pj Wali Kota Bogor Imbau Kegiatan di Dalam Kota

Daun sage mengandung antioksidan serta beragam vitamin dan mineral yang juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak. Berbagai studi menyebutkan bahwa ekstrak daun sage dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengurangi peradangan pada saraf otak.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun sage mengandung zat bersifat antimikroba yang bermanfaat dalam mencegah terbentuknya plak gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan obat kumur berbahan dasar daun sage mampu membunuh bakteri penyebab plak dan gigi berlubang.

============================================================
============================================================
============================================================