BOGOR-TODAY.COM – Para ahli setuju bahwa melakukan latihan kekuatan (strength training) secara teratur memiliki manfaat untuk penuaan yang sehat, termasuk mempertahankan kualitas hidup yang tinggi, meski penelitian lebih lanjut diperlukan.

“Tubuh Anda akan berfungsi pada tingkat yang jauh lebih tinggi, lebih lama, jika Anda memiliki kekuatan otot yang baik,” kata ahli bedah ortopedi di Baylor College of Medicine, Dr Bruce Moseley seperti dikutip dari situs Channel News Asia pada Rabu, 31 Agustus 2022.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor dan Pemprov Jabar Sinergi Percepat Tangani Rumah Warga Terdampak Ledakan Gudang Amunisi 

Menurut Bruce, otot yang kuat diperlukan di sejumlah aktivitas sehari-hari seperti bangkit dari kursi, membuka tutup toples, membawa barang belanjaan ke dalam rumah, atau bahkan mengangkat galon air minum.

Namun, terapis fisik dari Universitas Washington di St Louis, Monica Ciolino mengatakan bahwa semakin tua usia seseorang, makin berkurang pula massa otot di dalam tubuhnya. Sehingga ada baiknya untuk mulai memasukkan olahraga beban ke dalam aktivitas fisik sehari-hari.

BACA JUGA :  Poso Sulteng Diguncang Gempa Terkini M4,4

Monica bilang bahwa berkurangnya massa otot biasanya dimulai pada usia 30-an dan berkembang seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi seseorang benar-benar dapat menangkis efek negatifnya dengan melakukan latihan kekuatan secara teratur. Dan, tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

“Penelitian menunjukkan bahkan lansia dengan masalah mobilitas dapat mengambil manfaat dari program latihan kekuatan atau latihan beban reguler,” katanya.

Mulai Latihan Beban Sekarang Juga

============================================================
============================================================
============================================================