Mangot Maooot, Satu-Satunya Kuliner Ikan Manyung Khas Semarang yang Patut Kalian Coba di Kota Bogor. Foto : Aditya/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Mungkin tidak banyak yang familiar dengan jenis ikan Manyung makanan khas asal Semarang. Biasanya menu ini disajikan pada masakan ikan Asin Jambal Roti. Tapi, di Resto Mangot Maooot, menu ikan Manyung menjadi sajian utama dan hadir dalam bentuk berbeda.

Di Bogor sendiri, rumah makan Mangot Maooot yang terletak di Jalan Pangeran Asogiri, Ruko Hollywood, Blok D5, Kelurahan Tanah Baru, Kota Bogor menjadi satu-satunya tempat kuliner yang dapat kalian coba.

“Di Bogor, saya rasa menu kuliner Mangot Ikan Manyung asap berkuah santan ini baru ada di sini dan satu-satunya di Bogor. Mungkin ada beberapa tapi ikannya digoreng. Padahal di tempat asalnya itu diasap ikannya,” ungkap owner Mangot Maooot Ungaran Semarang, Anita Ristiani saat ditemui bogor-today.com, Selasa (30/8/2022).

BACA JUGA :  Tanggal Tua Masak yang Sederhana Dengan Tumis Sawi Putih Jagung Muda yang Lezat dab Sedap

Mangot Maooot

Rumah makan Mangot Maooot mengolah kepala ikan Manyung yang besar dengan bumbu mangut yang diolah dengan kuah santan pedas dan gurih hingga meresap ke kepala ikan manyung yang pasti menggugah selera.

Dijelaskan olehnya, sebelum disajikan, kepala ikan Manyung ini diasap terlebih dahulu sehingga tekstur daging ikan padat tetapi juga kenyal, tidak seperti tekstur daging ikan biasa  baru dimasak dengan bumbu mangut.

BACA JUGA :  Pencok Kentang Betawi, Makanan Renyah yang Gurih Bikin Nagih

Dan ketika perpaduan daging asap ini bertemu dengan bumbu mangut, maka indera pengecap akan terbuai dengan cita rasa yang gurih dan pedas, menyisakan sedikit semburat manis yang membalut keseluruhan bagian kepala ikan yang tersaji.

“Tidak bisa menikmati sajian ini tanpa “turun tangan” alias harus menggunakan tangan langsung untuk bisa menikmati keseluruhan bagian kepala ikan ini. Rasa pedas yang cukup “membakar” bibir dan lidah berasa nikmatnya tiada dua,” terang Anita didampingi owner Mangot Maooot Bogor, Nida Syaidah.

============================================================
============================================================
============================================================