Ini Dia Khasiat Rutin Minum Rebusan Kayu Manis

BOGOR-TODAY.COM – Kulit kayu manis adalah sejenis rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon genus Cinnamomum yang digunakan untuk masakan yang manis dan sedap.

Selain untuk masakan, kayu manis juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, loh. Meskipun manfaatnya bagi kesehatan masih memerlukan penelitian lebih dalam lagi, tetapi banyak masyarakat yang percaya bahwa mengonsumsi air rebusan kayu manis bermanfaat.

Khasiat dari Air Rebusan Kayu Manis

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam kayu manis membuat tubuh menjadi lebih sehat ketika kamu rutin minum rebusan kayu manis. Antioksidan dapat membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat memicu rusaknya jaringan atau sel dalam tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes
BACA JUGA :  Dijamin Nikmat, Ini 5 Rekomendasi Makanan Buka Puasa di Bogor

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rutin mengonsumsi air rebusan kayu manis dapat menurunkan resiko diabetes. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis kayu manis yang digunakan. Kayu manis jenis Cassia merupakan kayu manis yang dinilai paling efektif untuk menghindari penyakit diabetes.

  1. Menurunkan Risiko Peradangan

Kayu manis memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya. Dengan rutin minum rebusan kayu manis, dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh kamu.

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal juga membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain pola makan yang tepat, tidak ada salahnya mencoba untuk rutin minum rebusan kayu manis.

BACA JUGA :  Menu Sederhana untuk Sahur di Tanggl Tua, Nasi Goreng Terasi dan Sayuran yang Lezat dan Nikmat

Kandungan dalam kayu manis dinilai mampu mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam kayu manis dinilai mampu meningkatkan kesehatan system pencernaan dan tubuh untuk mencerna makanan lebih baik.

  1. Mengatasi Nyeri Menstruasi

Bagi para wanita, nyeri menstruasi yang dialami terkadang membuat tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis. Melansir National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian mengenai ini yang dituliskan dalam jurnal The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial.

============================================================
============================================================
============================================================