BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Perbandingan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Indonesia dengan Malaysia. Harga BBM di Malaysia ternyata lebih murah dibandingkan harga BBM di Indonesia

Harga pertalite yang dijual PT Pertamina (Persero) naik menjadi Rp10.000 per liter. Pertalite memiliki research octane number (RON) 90. Sementara harga pertamax juga naik menjadi Rp14.500 per liter yang memiliki RON 92.

Namun, jika dibandingkan dengan di Malaysia, BBM beroktan lebih tinggi yakni RON 95 dijual dengan harga 2,05 ringgit atau setara Rp6.814 per liter.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rahasia harga BBM di Malaysia sangat murah karena pemerintah Malaysia memberikan subsidi kepada Petroliam Nasional Berhad (Petronas), perusahaan minyak dan gas milik Malaysia, lebih besar daripada yang digelontorkan Indonesia.

“Petronas subsidinya jauh lebih besar dari Indonesia. Makanya harga jual BBM-nya itu lebih murah karena minyak yang digunakan Malaysia, Amerika, dan Indonesia dipatok berdasarkan minyak dunia. Sama saja sebenarnya,” kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, dikutip Senin (5/9/2022).

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Sementara, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, sejauh ini harga BBM di Indonesia paling murah di Asia Tenggara, tapi memang lebih murah Malaysia karena mereka menerapkan subsidi Automatic Pricing Mechanism (APM).

“Kebijakan APM ini berfungsi untuk menstabilkan harga bensin seperti bensin RON 95, RON 97 dan solar sampai batas tertentu melalui pemberlakuan pajak penjualan dan subsidi dalam jumlah yang bervariasi,” katanya.

Dilansir dari situs ringgitplus, harga BBM RON 97 di Malaysia senilai 4,30 atau setara Rp14.240 per liter (kurs Rp3.311), lalu diesel dijual dengan harga 2,15 atau Rp7.118 per liter.

RON pada BBM memiliki angka yang berbeda. Angka RON berkaitan dengan kualitas pembakaran pada mesin.

Malaysia memberikan subsidi untuk bensin dengan oktan yang tinggi. Oleh karena itu menyebabkan bensin yang setara dengan Pertamax Turbo seharga dengan harga Pertalite

Semakin tinggi angka RON, semakin baik kualitas pembakarannya. Artinya, semakin tinggi RON, semakin baik juga kualitas BBM tersebut.

BACA JUGA :  Tape Ketan Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Sementara itu, subsidi juga sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, bahkan nilainya sudah mencapai Rp502,4 triliun. Namun, terdapat perbedaan dari jenis bensin yang diberikan subsidi.

Karena subsidi dianggap sudah terlalu besar, akhirnya pemerintah memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga untuk BBM subsidi jenis Pertalite dan solar.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 3 September 2022.

Berikut ini perbandingan harga BBM di Indonesia dan Malaysia:

Harga BBM Indonesia

– Pertalite: Rp10.000 per liter

– Pertamax: Rp14.500 per liter

– Pertamax Turbo: Rp15.900 – Rp16.600 per liter

– Solar: Rp6.800 per liter

Harga BBM Malaysia (dalam Ringgit Malaysia/RM)

– RON 95: RM2,05 atau sekitar Rp6.814 per liter

– RON 97: RM4,30 atau sekitar Rp14.293 per liter

– Diesel: RM2,15 atau sekitar Rp7.148 per liter. –(Net).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================