7 buah asli Indonesia
7 Jenis Buah Asli Indonesia yang Mulai Langka. Foto : Google.com

BOGOR-TODAY.COM7 buah asli Indonesia ini tercatat mulai langka. Padahal, Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang memiliki kekayaan buah beragam rasa dan bentuk. Beberapa di antaranya bahkan cenderung langka karena tak mudah untuk ditemukan.

Buah-buah yang jarang ditemui atau terbilang langka tersebut biasanya hanya terdapat di beberapa daerah saja atau juga bisa dipengaruhi oleh jenis tanah yang ada di masing-masing daerah, karena ada beberapa buah hanya bisa tumbuh dengan iklim tertentu.

Melansir ngopibareng.id, ada 7 jenis buah asli Indonesia yang mulai langka, simak yuk

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 3 Kendaraan di Jalan Raya Ngawi-Solo, Tewaskan 1 Orang

1. Buah Manau

7 buah asli Indonesia

Manau merupakan buah dari pohon rotan yang tumbuh di sekitar Bangka, Belitung, Kalimantan. Sekilas tampak seperti buah salak karena bersisik, tetapi ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval.

Rasa buah manau tidak begitu manis dan membuat lidah bergetar karena cenderung pahit sepat. Biasanya manau diolah menjadi asinan.

2. Buah kesemek

7 buah asli Indonesia

Kesemek yang berasal dari Jepang dan Tiongkok juga mulai sulit ditemukan di Indonesia. Buah ini sangat lezat jika dimakan dalam keadaan matang. Kesemek mentah memiliki rasa “sepat.”

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kesemek dapat mencegah kanker. Selain itu, kandungan vitamin A yang tinggi juga membantu melindungi mata.

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

3. Buah lai

7 buah asli Indonesia

Kamu pecinta durian tentu familiar dengan buah Lai. Buah asal Kalimantan TImur ini memang satu kerabat dengan durian.

Porsi dagingnya sekitar 20-40 persen berwarna oranye dengan tekstur agak kering dan halus. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah memperlancar pencernaan, mencegah stres, menambah nafsu makan, dan lain-lain.

4. Buah Bisbul

============================================================
============================================================
============================================================