7 buah asli Indonesia

Meski bukan asli dari Indonesia, bisbul sudah cukup lama dikenal dan banyak tumbuh di Bogor. Masyarakat setempat menganggap bisbul sebagai buah khas dari Bogor.

Bisbul masih satu famili dengan buah kesemek. Bedanya bisbul tumbuh di dataran rendah dan berhawa panas. Bisbul sangat baik untuk pencernaan, mencegah anemia, dan sebagainya.

5. Buah kemunting

7 buah asli Indonesia
Rose myrtle or hill gooseberry isolated on white background

Pohon kemunting biasanya tumbuh di atas bukit, khususnya di tanah liat dan bercampur pasir. Buah kemunting berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 1-1,5 sentimeter.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Buah kemunting mengandung banyak serat dan rasanya manis. Kemunting matang biasanya  berwarna ungu tua. Sebagian orang memanfaatkan kemunting menjadi pai ataupun selai.

6. Buah Kelubi

7 buah asli Indonesia

Buah kelubi sering dijumpai di provinsi Sumatra. Lebih tepatnya di daerah Bangka, Riau, Jambi dan Lampung. Rasanya cenderung asam tapi menyegarkan.

Beberapa daerah di Sumatra Selatan, biasanya menggunakan kelubi sebagai campuran sambal terasi. Sedangkan, di Kalimantan Timur, kelubi sering dijadikan sebagai manisan.

BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Takluk dari Jepang

7. Keledang

7 buah asli Indonesia

Buak keledang atau biasa dikenal bangsal adalah salah satu jenis buah langka dari Kalimantan. Pohon buah keledang tingginya bisa mencapai 40 meter.

Buah ini terlihat seperti nangka dengan warna daging buah yang berbeda. Rasanya manis, sensasinya seperti kolaborasi rasa nangka dan manggis. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================