daluang
Menyusuri Jejak Tumbuhan Daluang, Penghasil Kertas Hingga Bahan Pakaian Kuno Nusantara. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMDaluang atau deluang adalah sebutan untuk tumbuhan Broussonetia papyrifera. Produknya, berupa lembaran dari pepagan atau kulit kayu yang dipakai sebagai bahan untuk berbagai kebutuhan. Di Kalimantan, serta di Polinesia daluang dapat menghasilkan semacam kulit untuk bahan pakaian, pelapis, serta bahan tas.

Daluang

Sementara di Jawa dan dan beberapa pulau lain, pepagan daluang yang diawetkan dapat menghasilkan kertas dan dapat digunakan sebagai pengganti media tulis dan gambar.

Banyak naskah kuno Nusantara menggunakan daluang (disebut sebagai kertas Ponoragan atau javaansche van Panaragan papier) sebagai media penulisannya di saat kertas modern belum diperkenalkan. Kertas daluang yang diperkeras dipakai dalam wayang beber sebagai media untuk menggambar.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Angka Kecelakaan Tahun Ini Menurun 18 Persen

Melansir wikipedia.org, Selasa (13/9/2022) sejak 2014, kertas daluang maupun pakaian kulit kayu daluang telah tercatat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang disahkan pada tanggal 8 Oktober 2014 dengan SK Mendikbud Nomor 270/P/2014.

Tumbuhan penghasil

Daluang

Daluang adalah jenis tumbuhan berbunga anggota suku ara-araan atau Moraceae, masih satu kelompok dengan beringin, bodhi, loa, serta murbei (mulberry, sehingga dalam bahasa Inggris juga disebut sebagai paper mulberry).

BACA JUGA :  5 Tips Agar HP Android Tidak Lemot, Wajib Simak Ini

Asal alaminya dari Asia daratan, mencakup Taiwan, Tiongkok, Jepang, Korea, Indochina, Burma, dan India. Karena pemanfaatannya, tumbuhan ini telah dibudidaya ke berbagai tempat, seperti Asia Tenggara maritim (Nusantara), Polinesia, dan belakangan juga ditanam di sebagian Eropa, Amerika Utara dan Afrika  yang iklimnya mendukung.

Di setiap daerah, sebutan daluang berbeda-beda. Seperti di sunda disebut saéh, sepukau, dlubang (Madura), kembala (Sumba) dan malak (Seram). Dalam tapa cloth tree (“pohon pakaian tapa”, tapa adalah nama dalam bahasa Hawaii).

Bahan pakaian daluang

============================================================
============================================================
============================================================