Inilah Kebiasaan yang Menyebabkan Gigi Berlubang, Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM Gigi berlubang adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Gigi berlubang merupakan keluhan pada gigi yang umum terjadi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi ini sulit terdeteksi karena umumnya tidak menimbulkan nyeri di awal. Oleh sebab itu, pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara berkala.

Gigi berlubang tak boleh disepelekan. Anda bisa mencegahnya dengan mengenal dan menghindari kebiasaan-kebiasaan penyebab gigi berlubang. Simak berikut ini!

  1. Gosok gigi kepagian atau sebelum sarapan
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Barangkali sarapan dalam kondisi tubuh dan mulut yang segar lebih menyenangkan daripada sarapan dalam kondisi belum bersih-bersih. Namun, jika gosok gigi dieksekusi sebelum sarapan, sisa-sisa makanan akan terus menempel pada gigi sepanjang hari.

Sebaiknya, letakkan agenda gosok gigi setelah sarapan atau jelang berangkat kerja. Kebiasaan ini akan mencegah gigi berlubang dan memastikan mulut terasa segar sepanjang hari.

  1. Membiarkan mulut kering

Sebenarnya saliva atau air liur secara alami mencegah gigi berlubang. Air liur akan membilas sisa makanan dan plak dari mulut. Sementara kondisi mulut kering atau produksi liur minim akan menciptakan lingkungan buat bakteri berkembang biak di mulut.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 12 Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Bayangkan, bakteri-bakteri berpesta dengan sisa makanan dan gula yang menempel di gigi. Mulut kering bisa disebabkan kurang cairan atau konsumsi obat tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk opsi obat berbeda.

  1. Ngemil permen karet

Sayangnya, permen karet dan makanan manis lainnya bisa memicu gigi berlubang. Mengutip WebMD, permen karet bisa menempel pada gigi hingga gula dan asam yang dihasilkan bakteri akan berkontak dengan gigi.

  1. Mengunyah es batu

Ada keseruan tersendiri saat mengunyah es batu. Anda pun tidak merasa bersalah karena es batu tidak mengandung gula.

============================================================
============================================================
============================================================