Berikut makanan dan minuman yang dapat meringankan gejala sinusitis.

  1. Buah-buahan dan sayuran

Senyawa tertentu dalam buah dan sayuran berwarna cerah, seperti karotenoid dan flavonoid, memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang membantu tubuh berfungsi dengan baik dan bahkan dapat bertahan melawan infeksi.

Buah-buahan antiinflamasi ini termasuk stroberi, bluberi, ceri, jeruk, tomat, bayam, kubis, dan sejenis sawi.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas juga baik untuk dikonsumsi bagi para penderita infeksi sinus. Hai ini dikarenakan capsaicin, senyawa aktif dalam cabai, dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah mengalir keluar dari saluran udara yang bengkak, yang dapat meredakan gejala non-alergi seperti hidung tersumbat.

  1. Air hangat
BACA JUGA :  Poso Sulteng Diguncang Gempa Terkini M4,4

Mulai hari dengan minum segelas air hangat, ditambah dengan sejumput kunyit dan lada hitam. Air hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan.

Sementara, kunyit bermanfaat untuk membunuh bakteri dan lada hitam dapat mengurangi peradangan. Meminum segelas larutan ini dapat memberikan kelegaan instan dan juga dapat membantu mengurangi gejala sinus.

  1. Teh herbal

Rebus air hangat dan tambahkan lada hitam, cengkeh, daun kemangi, jahe dan juga bubuk teh. Didihkan larutan dan saring ke dalam cangkir, serta tambahkan madu.

Teh ajaib ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan sinus. Daun kemangi diketahui dapat mengeluarkan lendir. Sedangkan jahe, madu, cengkeh, dan lada hitam kaya akan antiinflamasi dan antibakteri.

  1. Susu hangat dengan kunyit
BACA JUGA :  Nobar Timnas Garuda Muda di Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto: Doakan Skuad Besutan Shin Tae-yong Lawan Irak dan Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Susu hangat dengan kunyit adalah obat rumahan paling umum yang digunakan di semua rumah tangga. Kunyit dan susu adalah kombinasi terbaik untuk menyembuhkan segala jenis peradangan, sakit atau flu. Susu memiliki enzim penambah kekebalan sedangkan kunyit memiliki sifat anti-bakteri.

  1. Bawang putih

Bawang putih yang dicincang atau dihancurkan dapat melepaskan allicin atau zat yang memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang dapat melawan virus, dikutip dari Livestrong. Kemampuan antibakteri ini dapat membantu meringankan masalah sinusitis, pilek atau penumpukan lendir.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================