Kembangkan sektor pertanian
Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, luncurkan pemilihan duta petani milenial 2022. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKembangkan sektor pertanian dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Tani berkualitas, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, luncurkan pemilihan duta petani milenial 2022.

Peluncuran itu dilakukan untuk membentuk kepengurusan petani milenial Kabupaten Bogor, agar petani milenial dapat berkembang dan aktif berkontribusi memajukan pertanian di wilayahnya.

Sekretaris Distanhorbun Kabupaten Bogor, Tatang Mulyadi mengungkapkan, peluncuran duta petani milenial bertujuan untuk membentuk kepengurusan, paguyuban serta memantapkan tugas pokok dan fungsi petani milenial, agar kelompok tani tidak hanya sebatas pembentukan kelompok tani saja, tetapi dikembangkan pada peningkatan perekonomian dan kemajuan pertanian di Kabupaten Bogor.

“Tidak hanya pembentukan kepengurusan tapi pembagian tugas, termasuk di dalamnya ada paguyuban. Petani milenial ini tidak hanya kopi tapi ada buah, sayur, tanaman pangan, padi, palawija dan lainnya. Petani milenial ini, kami bina agar mereka dapat melakukan pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasarannya,” terang Tatang.

BACA JUGA :  Buah dan Sayur Segar dan Tahan Lama dengan 5 Cara Menyimpan yang Baik dan Benar

Saat ini, kata Tatang pemberdayaan sudah berjalan melalui kemitraan pasar tani dengan para pelaku tani yang sudah ada, sehingga potensi masing-masing tani bisa terangkat perekonomiannya.

Tatang berharap, melalui peluncuran petani milenial ini, bisa menjembatani para petani di Kabupaten Bogor sehingga dapat mendorong petani yang sejahtera.

“Walaupun pembentukannya belum maksimal tetapi kerjaannya sudah mulai ada. Anak-anak muda ini kita dorong agar mereka mau membantu dari sisi kelembagaan ekonominya, sehingga petani milenial ini menjadi petani yang berdasi,” tuturnya.

BACA JUGA :  Taburi Garam ke Mesen Cuci saat Mencuci Baju, Ini Dia 4 Manfaatnya

Sementara itu, Kabid Penyuluhan Pertanian Distanhorbun Kabupaten Bogor, Ruhendra menyebutkan bahwa sesuai program petani milenial, pemerintah berkewajiban menyediakan lahan pertanian, permodalan dan SDM petani yang berkualitas yang mampu mengikuti perkembangan zaman teknologi digital seperti saat ini.

“Melalui peluncuran petani milenial ini diharapkan para petani milenial dapat menjadi cikal-bakal yang dapat mendorong sektor pertanian lebih maju, dan berkembang dengan senantiasa memberikan edukasi dan informasi bermanfaat kepada kelompok petani lainnya,” tuntasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================