Orang-orang yang kesulitan mencerna wortel umumnya akan mengalami perut kembung akibat tingginya produksi gas di dalam saluran pencernaan.

  1. Alergi

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal National Library of Medicine menyebut wortel mengandung senyawa protein yang bisa menyebabkan reaksi pada 25 persen orang dengan alergi makanan.

Orang-orang yang alergi terhadap wortel juga bisa mengalami kemunculan gejala meski hanya mengonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah sedikit.

Beberapa gejala yang muncul, misalnya pilek atau hidung tersumbat, gatal di mulut dan tenggorokan, ruam kulit, dan sesak napas.

  1. Sembelit

Sebagai salah satu jenis sayuran, wortel tentu saja memiliki kandungan serat. Dalam kadar yang tepat, serat membantu menjaga kesehatan saluran cerna, dan melancarkan buang air besar.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Bersama Danrem 061/SK Buka Pelaksanaan TMMD ke-120 di Wilayah Sukamakmur 

Namun, apabila jumlah serat yang masuk ke tubuh Anda terlalu banyak, senyawa tersebut malah bisa menyebabkan gangguan di saluran pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi.

  1. Kulit Menjadi Kuning

Konsumsi wortel yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit berubah menjadi kuning. Kondisi ini terjadi karena wortel memiliki kandungan beta karoten.

Jika masuk ke dalam tubuh dalam dosis tinggi, beta karoten dapat menumpuk dan mengubah warna kulit menjadi kekuningan.

Meskipun demikian, kondisi kulit kuning akibat kebanyakan makan wortel umumnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya.

  1. Berpotensi Kekurangan Serat

United States Department of Agriculture menyebut bahwa secangkir wortel cincang mengandung 3,6 serat. Kendati demikian, jumlah serat tersebut bisa berkurang apabila wortel disajikan dalam bentuk jus.

BACA JUGA :  Kepergok Oleh Anak Kecil, Maling Motor di Surabaya Babak Belur

Artinya, jika hanya memanfaatkan jus wortel sebagai satu-satunya sumber serat, Anda mungkin tidak akan mampu memenuhi kebutuhan serat sehari-hari.

  1. Risiko Tersedak pada Bayi

Bahaya wortel selanjutnya bukan karena kandungannya, melainkan akibat bentuknya. Seperti diketahui, wortel memiliki ukuran yang cukup besar dengan tekstur yang agak keras. Oleh karena itu, pemberian wortel pada bayi dapat meningkatkan risiko tersedak.

Apabila ingin memberikan sajian wortel kepada si kecil, lebih baik olah menjadi bentuk yang lebih lembut, seperti puree atau jus.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================