Ini Dia Bahaya Mengonsumsi Wortel Secara Berlebihan

BOGOR-TODAY.COM – Wortel merupakan sayuran yang terkenal banyak manfaatnya dan kaya akan nutrisi.

Sayuran kaya vitamin A dan beta karoten ini terbukti dapat memberikan beragam manfaat sehat. Salah satunya untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan.

Namun, manfaat wortel hanya bisa Anda rasakan apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Apabila berlebihan, yang justru Anda dapatkan adalah bahaya wortel bagi kesehatan.

Berikut bahaya mengonsumsi wortel secara berlebihan yang peril diketahui.

  1. Keracunan Vitamin A

Telah disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam jumlah yang tepat, vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Labuan Bajo NTT Tewaskan Remaja asal Rote Ndao usai Jatuh dari Motor

Namun, dalam jumlah yang berlebihan, vitamin A malah dapat menyebabkan keracunan.

Risiko mengalami kondisi ini juga bisa meningkat apabila Anda minum suplemen vitamin A, ditambah dengan konsumsi sayuran yang mengandung vitamin A juga.

  1. Kenaikan Berat Badan

Hobi mengolah wortel olahan yang telah dikemas dalam kaleng? Jika iya, Anda mesti siap-siap untuk mengalami kenaikan berat badan. Wortel kalengan umumnya mengandung 94 kalori per satu cangkir.

Selain itu, berdasarkan United States Department of Agriculture, wortel yang telah diolah menjadi jus juga punya kandungan gula dan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan yang masih mentah.

BACA JUGA :  Tenggelam di Kolam Koi, Pelajar SMP di Lebak Tewas

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan-kandungan tersebut secara berlebihan berisiko meningkatkan berat badan. Bahkan, hal ini pun dapat meningkatkan risiko obesitas.

  1. Perut Kembung

Bagi beberapa orang, wortel adalah jenis sayuran yang sulit dicerna. Keluhan ini bisa dirasakan sangat buruk, khususnya jika orang tersebut mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak.

============================================================
============================================================
============================================================