Inilah Penyebab Kista Ovarium yang Perlu Diketahui, Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM – Wanita sangat umum mengalami kista ovarium. Terdapat sejumlah penyebab kista ovarium yang perlu diketahui.

Kista ovarium adalah kantung padat atau berisi cairan (kista) yang berkembang di indung telur (ovarium). Kista dapat terjadi pada satu sisi rahim saja atau di kedua sisi rahim.

Munculnya kista ovarium dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Meskipun umumnya kista ovarium bersifat jinak, tetapi pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi ganas.

Berikut penyebab terbentuknya kista pada wanita, dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Kondisi genetic

Kondisi genetik dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kista, meski hal tersebut belum tentu pasti. Hal ini akan lebih berisiko jika tidak diikuti dengan gaya hidup yang sehat.

  1. Faktor usia
BACA JUGA :  Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

Menurut U.S National Library of Medicine, wanita yang berusia di antara usia pubertas sampai menopause menempati risiko paling tinggi untuk terkena kista di bagian ovarium.

Hal itu karena pada masa ini wanita masih mengalami periode menstruasi. Ketika wanita mengalami menstruasi, munculnya benjolan cairan di ovarium bisa saja terbentuk.

BACA JUGA :  Bima Arya Ajak Ratusan PKWT Ngaliwet, Siap Perjuangkan Kesejahteraan

Namun hal itu bukan menjadi masalah selama benjolan di ovarium tidak membesar, tidak menyebabkan gejala, dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kondisi penyebab kista ovarium jarang terjadi pada wanita setelah menopause. Namun, wanita yang sudah menopause dan mempunyai benjolan berisi cairan di ovarium mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker ovarium.

  1. Kista folikel

Merujuk laman Webmd, setiap kali wanita mendapatkan siklus menstruasi, terdapat satu kantong telur atau folikel yang akan berovulasi.

============================================================
============================================================
============================================================