Untuk mencobanya bisa campur 1 sdt soda kue ke dalam 2 sdt air. Aduk sampai jadi pasta dan sikat ke gigi kuning sampai bersih. Metode ini cukup dilakukan 2 kali seminggu.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran tinggi serat, termasuk salah satu cara memutihkan gigi yang alami tanpa efek samping.

Melansir Healthline, buah stroberi dan nanas diklaim dapat membantu memutihkan warna gigi kuning. Ada yang menyarankan untuk mencampur buah tersebut dengan soda kue.

Berdasarkan hasil penelitian, asam malat pada stroberi efektif memberikan perubahan warna gigi, sedangkan soda kue ampuh mengangkat plak yang membuat gigi kuning.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Studi lain menunjukkan bahwa gel bromelain yaitu enzim dalam buah nanas, dapat membantu menghilangkan noda-noda pada gigi.

Meski stroberi dan nanas dinilai efektif membantu memutihkan gigi. Hasilnya memang tidak akan instan, di samping itu batas mengonsumsinya tetap tidak boleh berlebihan.

  1. Oil pulling

Oil pulling adalah metode membersihkan gigi dan mulut yang menggunakan minyak selama 20 menit. Teknik ini sudah cukup lama diterapkan sebagai pengobatan Ayurveda dari India.

Jenis minyak yang digunakan tidak sembarangan, yaitu menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), karena tinggi asam laurat untuk membasmi bakteri di mulut.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, 14 Mei 2024

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oil pulling cukup ampuh membersihkan bakteri di mulut, sekaligus mengangkat plak dari sisa-sisa makanan atau minuman.

Ada beberapa ulasan menyebut setelah melakukan oil pulling, area mulut terasa bersih dan gigi terlihat sedikit putih. Namun hal itu, dinilai masih perlu penelitian lebih lanjut.

Apabila tertarik mencoba, untuk pemula siapkan 2 sdm VCO lalu kumur selama 5 menit. Setelah itu buang minyak bekas kumur ke tempat sampah dan lanjut sikat gigi seperti biasa.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================