Saat Kolesterol Tinggi Apa Saja yang Tak Boleh Dimakan? Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM – Makanan sehari-hari juga sangat berkaitan erat dengan munculnya kolesterok tinggi. Namun, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi? Simak berikut!

Kolesterol memang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada tubuh Anda. Mulai dari masalah diabetes, stroke, hingga penyakit jantung koroner yang bisa berujung kematian.

Maka dari itu perlu diperhatikan makanan yang tidak boleh dimakan oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Berikut makanan yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi.

  1. Daging olahan

Melansir Harvard Edu, daging olahan seperti sosis, bacon, hingga potongan daging berlemak cenderung tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Bacon dan sosis dari kalkun atau ayam mungkin tampak lebih sehat, tetapi tetap tidak bebas kolesterol.

  1. Gorengan
BACA JUGA :  SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Redam Kenakalan Remaja Lewat Aplikasi

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, bakwan goreng memang sangat enak. Tapi jenis makanan ini memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Melansir Cleveland Clinic, daripada makan ayam goreng dengan kulit dan tepung super tebal, lebih baik makan ayam panggang atau kalkun tanpa kulit dan kentang panggang.

  1. Keju dan susu tinggi lemak

Susu, mentega, yogurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi. Keju juga cenderung tinggi sodium. Batasi konsumsi makanan ini agar kolesterol dalam darah tidak semakin tinggi.

  1. Daging merah

Steak, iga, daging babi dan daging giling memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Sebaiknya, gunakan daging giling tanpa lemak, potongan daging tanpa lemak, dan fokus pada sumber protein hewani rendah lemak, seperti unggas panggang tanpa kulit atau daging giling tanpa lemak.

  1. Baked bread dan makanan manis
BACA JUGA :  2 Kelompok Tani di Kota Bogor Dapat Bantuan Alsintan Pompa Air

Cookies, cake, dan donat biasanya mengandung mentega yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Mereka juga cenderung penuh gula,yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah, lemak darah tidak sehat (lipid) yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner. Ini termasuk makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi.

Itulah makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================