13 Makanan dan Minuman Tradisional
Bukan Asinan, Ini 13 Makanan dan Minuman Tradisional Khas Bogor, Nomor 3 Bikin Ngiler. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORBukan asinan, sebagian orang hanya mengetahui asinan satu-satunya makanan atau jajajan tradisional khas Bogor. Namun, Bogor memiliki beragam makanan yang tidak boleh dilewatkan. Makanan Bogor juga tentunya memiliki kuliner dengan rasa yang bikin lidah bergoyang.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 13 makanan dan minuman tradisional khas Bogor :

  1. Laksa Bogor

13 makanan dan minuman tradisional

Laksa Bogor sudah terkenal dan menjadi makanan khas dari kota Bogor. Laksa ini kerap dihidangkan saat acara syukuran, pesta pernikahan ataupun kebudayaan.

Laksa tampak seperti soto dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning dan juga telur rebus. Laksa memakai banyak rempah-rempah sebagai rasanya.

2. Toge Goreng

13 makanan dan minuman tradisional

Kuliner toge goreng cukup terkenal di Bogor. Makanan ini tampak seperti lontong dengan irisan gahu dan disiram dengan saus guruh dari oncom.

3. Es Pala

13 makanan dan minuman tradisional

Selain makanan, ternyata Es Pala juga jadi makanan rekomendasi kuliner khas Bogor. Rasa dari makanan ini asam khas Pala juga manis dan segar jadi satu.

BACA JUGA :  Pisang Kuah Santan yang Lezat untuk Takjil Praktis di Tanggl Tua

4. Ngo Hiang Gang Aut

13 makanan dan minuman tradisional

 

Ngo Hiang Gang Aut merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, Ngo Hiang gang aut berbahan dasar daging babi. Tetapi, makanan ini sudah diubah ketika masuk ke Indonesia.

Olahan daging pada sajian ini dibalut dengan tepung dan digoreng, dicampur saus khas Ngo Hiang, yang memberikan rasa asam dan manis, ditambah acar lobak untuk menambah cita rasa.

5. Mie Glosor

13 makanan dan minuman tradisional

Makanan khas Bogor lainnya adalah mie glosor. Mie glosor biasanya ditemukan sebagai menu berbuka puasa bagi umat Muslim di kota Bogor.

Makanan ini kerap disajikan dengan sambal kacang, kerupuk mie, dan tambah gorengan. Ciri dari mie glosor ini berwarna kuning dengan bahan dasar dari singkong juga kunyit.

6. Roti Unyil

13 makanan dan minuman tradisional

Siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini. Roti Unyil dikenal sebagai makanan khas Bogor.

Makanan Roti Unyil sering dijadikan oleh-oleh Makanan Khas Bogor. Bentuk dari Roti Unyil berbentuk kecil sehingga cocok dijadikan cemilan.

BACA JUGA :  Restoran Ramen Populer di Bogor, Hotmen Puaskan Selera dan Perut Para Penggemar

Menjadikan unik dari makanan ini karena banyak memiliki isi dan bentuknya yang unik. Tak heran jika berbagai kalangan suka akan kiliner satu ini.

7. Doclang

13 makanan dan minuman tradisional

Selanjutnya, Doclang adalah makanan dari khas Bogor. Bentuknya mirip seperti lontong sayur atau disebut dengan kupat tahu.

Bahan yang digunakan untuk membuat Doclang adalah irisan kentang goreng, tahu goreng dan telur rebus disiram bumbu kacang dan kecap. Makanan ini mempunyai ciri khas seperti ketupat yang dibuat dari beras dibungkus dan direbus.

8. Cungkring

13 makanan dan minuman tradisional

Makanan khas Bogor banyak berbagai macam jenis. Hal itu membuat warga yang berlibur ke Bogor akan banyak pilihan untuk kuliner.

Selain makanan di atas, selanjutnya yang menjadi salah satu kuliner Kota Seribu Angkot yang paling terkenal adalah cungkring.

Makanan Cungkring disajikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Bogor. Bahan dasar dari makanan ini terbuat dari kaki sapi.

============================================================
============================================================
============================================================