Kue Pancong
Kue Pancong, Kuliner Jadul yang Masih Eksis Hingga Kerap Diserbu Emak-emak. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Cita rasa khas adonan kelapa yang dipadukan dengan gula pasir menjadikan kue pancong digemari masyarakat, terutama anak-anak. Meskipun saat ini banyak jajanan modern, namun kuliner tahun 2000an itu masih eksis hingga kini.

Kue bandros, sebutan lain dari pancong, pada dasarnya berasal dari Jakarta, sehingga sering disebut dengan makanan khas Betawi.

Kue pancong memiliki ciri khas rasa yang gurih dan asin. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan kelapa parut. Kue pancong memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pukis, tapi rasanya sangat berbeda.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Kue pancong sudah banyak dikreasikan menjadi camilan modern. Sehingga ada beberapa orang yang memasak kue pancong dengan topping cokelat, oreo, dan keju, seperti kue pukis. Pembuatannya sendiri memakan waktu 5 sampai 10 menit.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 20 April 2024

Untuk kamu yang ingin mencicipi jajanan tradisional ini di Kota Bogor, tentunya tak terlalu sulit. Penjual kue ini ada yang berjualan dengan cara mangkal dan keliling setiap harinya.

Seperti Khaerul (42) pedagang di wilayah Tegal Lega, Bogor Tengah, yang berkeliling setiap harinya.

============================================================
============================================================
============================================================