Telaga Saat
Telaga Saat, Puncak Bogor, Jawabart wisata air di Titik 0 Sungai Ciliwung, cocok buat prewedding hingga berburu foto. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORTelaga Saat terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya sendiri berada di tengah-tengah perbukitan atau di balik perkebunan teh yang indah dan diapit oleh Gunung Gede Pangrango dan Gunung Kencana. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari arah Jalan Raya Puncak Cisarua.

Telaga nan cantik ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Saat memasuki kawasan Telaga Saat Anda akan mulai diselimuti udara yang sangat sejuk, bahkan nyaris dingin apabila Anda datang pada pagi hari atau sore hari.

Telaga Saat

Pesona alamnya benar-benar cocok bagi Anda yang menyukai aroma khas dari pegunungan dan perbukitan yang dapat memanjakan mata hingga menjernihkan pikiran.

Pesona Telaga Saat tidak hanya menyugugkan pemandangan alam nan hijau dan  menyegarkan, akan tetapi juga wisatawan akan dibuat terpesona oleh air telaga itu sendiri yang begitu jernih dan masih alami serta tidak tercemar oleh limbah apapun.

Sehingga, banyak wisatawan yang berkunjung ke Telaga Saat hanya untuk menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan yang memang bisa membuat siapapun menjadi betah untuk berlama lama.

Telaga Saat

Tidak hanya mampu memanjakan mata, semua keberadaan pesona alam yang begitu alami di Telaga juga dapat memuaskan hasrat fotografi yang Anda miliki. Bagaimana tidak, panorama alam yang tersaji dengan sempurna ini merupakan spot instagenic yang bisa menghasilkan sebuah potret mahakarya di tangan para pecinta fotografi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Telaga Saat

Telaga Saat Puncak dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB, jadi pastikan Anda datang di antara pukul tersebut jika ingin menikmati keindahan yang ditawarkannya. Untuk tarif masuknya sendiri, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp. 22.000 sampai Rp. 26.000 saja per orang yang sudah termasuk biaya masuk ke Telaga Warna juga.

BACA JUGA :  Dua Remaja di Lebak Duel Sengit Gunakan Senjata Tajam di Tengah Jalan Raya

Namun sesampainya ke lokasi telaga, Anda perlu membayar kembali sebesar Rp. 10.000 per orangnya yang akan dibayarkan di loket samping pintu masuk telaga. Semua biaya ini belum termasuk kontribusi parkir, apabila Anda membawa kendaraan sendiri. Pun dengan jasa persewaan sepeda motor di loket awal, yang akan mengantarkan Anda menuju lokasi telaga.

Cara ke Telaga Saat dari Puncak Pass Bogor

Sebelum berkunjung, inilah cara ke Telaga Saat yang bisa ditempuh dari kawasan Puncak Pass Bogor.

Jarak dari Puncak Pass Bogor menuju ke Telaga Saat hanya sekitar 1,8 kilometer. Anda bisa menempuh perjalanan tersebut dengan kendaraan pribadi selama 13 hingga 15 menit.

Dari Puncak Pass, Anda bisa mengambil arah ke timur laut menuju ke Jalan Raya Ciawi – Cianjur sepanjang 290 meter. Kemudian belok kanan memasuki ke kawasan perkampungan. Setelah 850 meter, belok sedikit ke kanan.

Kemudian Anda akan memasuki jalanan yang cukup berliku dan banyak kelokan. Setelah 550 meter, beloklah ke kanan dan Anda akan tiba di kawasan wisata Telaga Saat Puncak.

Aktivitas Seru di Telaga Saat

Ketika berkunjung ke Telaga Saat, ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sana. Mulai dari trekking keliling danau di jalur yang telah tersedia, piknik di pinggir danau hingga berkemah. Anda juga bisa memanfaatkan jalur trekking yang tersedia sebagai arena lari atau bersepeda.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Bangkalan, Truk Tabrakan dengan Motor Ditumpangi Satu Keluarga

Jika Anda ingin piknik di kawasan Telaga Saat, Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Jika makanan yang dibawa kurang, jangan khawatir, sebab di sini sudah tersedia warung makan yang menjajakan makanan ringan dan minuman hangat yang bisa Anda beli.

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Telaga Saat adalah naik wahana rakit dan perahu di atas danau. Anda bisa mencoba wahana tersebut dan menyusuri setiap sudut danau serta berkeliling menikmati keindahan pemandangan dari atas danau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Saat

1. Naik Perahu

Telaga Saat

Melihat airnya yang tenang dan jernih, siapapun pasti ingin lebih mendekat ke telaga yang menjadi titik 0 Sungai Ciliwung tersebut. Tidak perlu khawatir karena di sini sudah tersedia perahu yang dapat disewa oleh para pengunjung agar bisa lebih dekat dengan telaga. Sambil keliling telaga, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang mengagumkan di sekitar secara leluasa.

Mulai dari pemandangan kebun teh, hamparan ladang hijau, dan pemandangan gunung akan memanjakan mata Anda selama berkeliling telaga. Satu perahunya sendiri mampu menampung maksimal hingga 6 orang, sehingga Anda yang datang bersama keluarga bisa menikmati pemandangan cantik tersebut dalam satu perahu.

============================================================
============================================================
============================================================