7 Wisata Edukasi di Bogor
Wisata edukasi Kampoeng Bamboe di Desa Ciburayut, Kampung Selaawi, Ciburayut, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR7 Wisata Edukasi di Bogor. Bogor tidak hanya terkenal dengan ragam kulinernya, tetapi juga terkenal dengan banyaknya pilihan tempat wisata. Kota Bogor terletak 59 km di sebelah selatan Jakarta. Tak heran, Bogor menjadi pilihan untuk berwisata. Selain wisata alam, Bogor juga memiliki banyak pilihan wisata edukasi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tempat wisata edukasi di Bogor, yang bagus dan bisa kita datangi bersama keluarga.

  1. Kampung Horta

Mengajak anak liburan ke tempat yang bermanfaat adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Dan kali ini kita bisa membawa anak-anak untuk datang ke Kampung Horta Bogor. Tempat ini memiliki banyak sekali manfaat bagi anak-anak, karena disini mereka bisa bermain sambil belajar bersama teman-temannya yang lain.

7 tempat wisata edukasi

Kampung ini disebut Kampung Horta karena sebagian besar masyarakatnya menjadi pengerajin boneka Horta.  Biasanya ada banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai ddaerah, bahkan banyak dari kelompok belajar atau kelompok siswa dari beberapa sekolah juga datang kemari.

Disini ada banyak sekali aktivitas yang bisa anak-anak lakukan, misalnya saja pelatihan membuat boneka Horta. Dengan mengajarkan anak untuk membuat boneka ini, maka tingkat kreativitas anak akan terasah dan semakin bagus. Selain membuat boneka, di Kampung Horta ini anak-anak juga dilatih untuk membuat sablonan.

Anak-anak akan dilatih tentang bagaimana teknik dasar dalam menyablon, aktivitas ini bertujuan agar anak-anak mengenal teknik mencetak dengan benar.  Pelatihan yang lainnya berhubungan dengan pangan, yaitu tentang cara membuat telur asin, cincau, minuman, membuat obat herbal alias dari tumbuhan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya tentang kreativitas anak saja yang asah di Kampung Horta ini, tapi gerak motorik anak juga dilatih agar jauh lebih baik. Disini anak-anak akan bergerak lebih banyak dengan aktivitas games, misalnya saja games menangkap ikan di kolam, memindahkan belut serta menangkap bebek yang sengaja dilepas. Dengan mengajak anak-anak datang kesini, diaharapkan tingkat kreativitas dan ketanggapan mereka akan semakin kuat . Oleh sebab itulah mengapa Kampung Horta ini sangat bagus sekali untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Nama Tempat Wisata : Kampung Horta

Alamat : Desa Selahuni, Ciomas, Ciomas Rahayu, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610, Indonesia

Harga Tiket : Rp. 20.000,- / per- kegiatan

Hari Buka : Senin – Minggi

Jam Buka : 08.00 – 15.00 WIB

Akses : Akses bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

  1. Kampung Wisata Sentul

Tempat liburan yang mengedukasi berikutnya adalah Kampung Wisata Sentul. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat populer, dan bahkan banyak direkomendasikan orang terutama mereka yang memiliki anak. Disini anak-anak tidak hanya sekdar bermain, tapi mereka juga bisa belajar secara langsung dilapangan tentang hal-hal yang baru. Tidak hanya itu Kampung Wisata Sentul juga memiliki banyak kegiatan yang menarik, dan bermanfaat bagi ana-anak yang berkunjung kemari.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria di Parit Mandan Sukoharjo, Tak Ditemukan Kartu Identitas

7 tempat wisata edukasi

Setiap harinya ada banyak sekali kelompok belajar, baik dari sekolah TK maupun SD, SMP dan keluarga besar. Mereka datang kesini khusus untuk berlibur sambil mencari ilmu, tentu liburan seperti ini akan sangat bermanfaat sekali bagi si kecil. Kegiatan yang diadakan disini banyak sekali, misalnya saja seperti berkebun, outbond, rafting, membuat prakarya, games, camping dan lain sebagainya. Seluruh kegiatan tersebut diadakan untuk mengasah kemampuan si anak, dalam menjalani masa yang akan datang.

Misalnya saja berkebun atau menanam, dengan kegiatan ini anak akan lebih paham tentang cara menanam yang baik dan benar. Sedangkan outbond akan sangat membantu untuk melatih gerak motorik atau keseimbangan tubuh anak. Dan untuk rafting dapat melatih kekompakan dan mental si anak, dengan mengikuti kegiatan ini anak akan lebih berani dan mampu bekerja dalam tim.

Kampung Wisata Sentul ini sangat cocok untuk anak-anak, karena tidak hanya kegiatannya saja yang unggul untuk anak-anak tapi juga fasilitasnya. Di Kampung Wisata Sentul ini anak-anak akan mendapatkan banyak fasilitas, seperti fasilitas medis, tempat istirahat dan bahkan mereka juga akan diatur jam makannya. Tidak hanya itu karena disini anak-anak akan sangat senang dengan kakak pemandu yang sangat ramah dan menyenangkan pada anak kecil.

Nama Tempat Wisata : Kampung Wisata Sentul

Alamat : Komplek Mentari Sentul, Jalan Terusan Mayak, Nagrak, Sukaraja, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16710, Indonesia

Harga Tiket : Rp. 150.000,- hingga Rp. 225.000,-

Hari Buka : Senin – Minggu

Jam Buka : 24 Jam

Akses : Lebih baik jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Sentulfresh

empat wisata edukasi di Bogor yang selanjutnya adalah Sentulfresh. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan bermanfaat bagi anak. Disini mereka bisa melakukan berbagai aktivitas, misalnya saja bermain, belajar dan juga mengaplikasian apa yang mereka dapat.

7 tempat wisata edukasi

Tempat ini sering sekali dikunjungi siswa siswi dari berbagai macam sekolah di sekitar Bogor. Tidak hanya dari sekolah saja yang datang kesini, bahkan keluargaa besar pun bisa datang untuk belibur sambil belajar di Sentulfresh ini.

BACA JUGA :  Dua Remaja di Lebak Duel Sengit Gunakan Senjata Tajam di Tengah Jalan Raya

Sentulfresh memiliki banyak sekali kegiatan yang menarik, dan kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat dalam melatih perkembangan si anak. Aktivitas yang ada disini dan bisa anak-anak lakukan adalah memerah susu sapi, memberi makan burung merpati, menunggangi anak sapi, memberi makan ikan, mengobservasi budidaya Cacing, budidaya Ayam Kate, peternakan Rusa, dan juga mengenal jenis tanaman. Dengan mengikut sertakan anak dalam kegiatan ini, diharapkan anak akan memiliki tanggung jawab yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain aktivitasnya yang menyenangkan, Sentulfresh ini juga memberikan fasilitas yang lengkap serta membuat pengunjung aman. Disini anak-anak tidak perlu susah untuk mendapatkan makanan, atau mencari kamar mandi. Karena tempat ini menyediakan berbagai macam makanan, dan banyak kamar mandi yang cukup terjaga kebersihannya. Kegiatan yang selanjutnya bisa dilakukan anak-anak dalah, praktik untuk membuat olahan yoghurt dari susu sapi segar. Anak-anak juga bisa membawa atau membeli yoghurt khas Sentulfresh Bogor.

Nama Tempat Wisata : Sentufresh Bogor

Alamat : Kampung Cijulang RT.03 / RW.03, Desa Cadasngampar, Sukaraja, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710, Indonesia

Harga Tiket : variatif ( paket keluarga Rp. 50.000,- / per-orang )

Hari Buka : Senin – Sabtu

Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB

Akses : Bisa diakses menggunakan bus, taksi, dan kendaraan pribadi.

  1. Kampoeng Wisata Cinangneng

Tempat wisata edukasi yang selanjutnya adalah Kampoeng Wisata Cinangneng. Kampung ini memiliki banyak sekali keunikan dan keasikan didalamnya. Kita bisa datang ke Kampoeng Wisata Cinangneng yang ada di Bogor, anak-anak juga akan merasa senang datang kesini.

7 tempat wisata edukasi

Disini ada banyak sekali kegiatan liburan yang menarik, serta bermanfaat bagi anak-anak yang mengikutinya. Kelopok belajaar dari sekolah-sekolah di Jawa Barat juga kerap kali datang kesini, hal tersebut dilakukan untuk membuat para siswanya lebih imajinatif dan kreatif.

Aktifitas yang bisa dilakukan anak-anak misalnya seperti bertani, menanam pohon, memberi makan ikan, membuat lukisaan diatas caping, membuat wayang dari tumbuhan singkong, dan banyak lagi yang lainnya. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak bisa bermain dan belajar di alam bebas, terutama di zaman yang makin modern ini gadget menguasi anak-anak kita. Bermain sambil belajar di alam bebas, membuat mereka lebih tenang dan rileks. Dengan begitu mereka juga akan mendapatkan nilai edukasi yang tinggi, serta mereka akan lebih menghargai alam dan seisinya dengan baik.

============================================================
============================================================
============================================================