Obat Alami Redakan Batuk, Legakan Tenggorokan

BOGOR-TODAY.COM – Batuk yang terus menerus akan sangat mengganggu aktifitas keseharian, karena akan merasakan hal yang tidak nyaman.

Batuk berperan dalam membersihkan iritan dan infeksi. Pengobatan terbaik untuk batuk akan tergantung pada penyebabnya, mulai dari alergi, infeksi, hingga refluks asam lambung.

Namun, ada beberapa obat alami yang bisa membantu mengatasi batuk yang terus menerus. Namun, penting untuk diingat agar menggunakannya dengan hati-hati. Tak menutup kemungkinan jika beberapa ramuan bisa mengakibatkan efek samping.

Baca Juga :  Ternyata Mudah, Begini Resep Membuat Smoothie Bayam Pisang Alpukat, Minuman Sehat Kaya Akan Nutrisi

Obat alami yang bisa redakan batuk

Berikut beberapa pilihan obat batuk alami, mengutip berbagai sumber.

  1. Jahe

Karena sifat anti-inflamasi yang dimiliki, jahe punya kemampuan meredakan batuk kering. Jahe juga mampu meredakan rasa mual dan nyeri.

Sebuah penelitian menunjukkan, beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara yang dapat mengurangi batuk.

Campurkan irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas atau teh. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu dan perasan lemon untuk memberikan sentuhan rasa rasa.

  1. Kumur air garam
Baca Juga :  Turun ke Lokasi Bencana Empang, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bogor Harapkan Relokasi Bisa Segera Dilakukan

Obat sederhana satu ini disebut paling efektif mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi intensitas batuk.