Raja Ahmad
Mengenal Raja Ahmad yang Tampil di Google Doodle. Foto tangkapan layar.

BOGOR-TODAY.COM – Google doodle hari ini, Sabtu (5/11/2022) menampilkan Raja Ahmad di halaman mesin pencarian google. Lalu siapa sebenarnya Raja Ahmad.

Melansir Wikipedia.org, Raja Ahmad bin Raja Haji atau lebih dikenal sebagai Engku Haji Tua, merupakan merupakan seorang penulis dan pujangga Melayu klasik. Selain itu ia juga merupakan penasihat dan wakil yang dipertuan Muda Riau VI, Raja Jaafar yang merupakan kakandanya.

Baca Juga :  9 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Pelaku Tawuran saat Libur Imlek

Raja Ahmad

Raja Ahmad beberapa kali menjadi duta Raja Jaafar, yang paling terkenal adalah saat ia menjadi duta menemui Residen Belanda di Batavia untuk membincangkan perihal pelantikan Sultan Abdul Rahman Muazzam Syah sebagai Sultan Riau-Lingga I.

Biografi

Raja Ahmad dilahirkan di Pulau Biram Dewa di Sungai Carang, Pulau Bintan sebagai putera keempat Raja Haji Fisabilillah Yang Dipertuan Muda Riau IV dan Encik Mariam.

Baca Juga :  Melihat Dari Dekat GOM Manunggal

Raja Ahmad

Setelah ayahnya gugur melawan Belanda di Teluk Ketapang, jabatan YDM Riau diberikan kepada Raja Ali bin Daeng Kemboja, karena putera-putera Raja Haji belum ada yang menginjak usia dewasa.