sungai
Ilustrasi Wonderfull Indonesia

BOGOR-TODAY.COM – Terdapat beberapa sungai yang memiliki pesona memukau dengan air jernih seperti kristal di sejumlah wilayah Indonesia. Beberapa dari sungai yang dimaksud masih terjaga karena memang minim terjamah oleh kehadiran manusia.

Apa saja sungai bersih dan memukau yang ada di Indonesia? berikut 3 di antaranya.

Kali Biru Warsambin

sungai
Kali Biru Raja Ampat. Foto : Wonderfull Indonesia

Jauh dan sangat sulit dituju, itu kesan pertama yang akan muncul mengenai Kali Biru Warsambi. Meski begitu, kepopulerannya bisa dibilang sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Kali Biru Warsambin berada di pedalaman hutan Kampung Wasandim, Teluk Mayalibit, wilayah Raja Ampat.

BACA JUGA :  Diduga Dibunuh, Pasutri di Banten Ditemukan Tewas Membusuk Penuh Luka

Banyak terlihat di media sosial, warna dari sungai satu jernih biru seperti kristal. Saking jernihnya, dasar sungai yang berisi bebatuan besar bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa harus menyelam dan nampak dangkal.

Nyatanya, kedalaman dari sungai Biru Warsambin sendiri diperkirakan mencapai sekitar 5 meter. Sementara itu di beberapa bagian sungai lain ada juga yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter.

Alasan di balik masih bertahannya kebersihan di sungai tersebut adalah karena peraturan ketat yang diterapkan bagi wisatawan yang datang. Disebutkan bahwa awalnya tidak boleh ada wisatawan yang berenang di sungai tersebut.

BACA JUGA :  Takjil Buka Puasa dengan Bubur Mutiara, Ini Dia Resepnya

Namun sejak tahun 2016, mulai diperbolehkan aktivitas renang dengan beberapa peraturan. Di antaranya waktu berenang yang tidak boleh lebih dari 30 menit. Lain itu, mereka yang ingin berenang juga tidak boleh menggunakan produk pelindung kulit seperti sunblock, untuk melindungi air di sungai tersebut.

Selain itu untuk bisa masuk dan menikmati keindahan sungai ini ditetapkan tarif yang mahal, yakni di kisaran Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. Tentu, harga tersebut sangat masuk akal jika melihat keindahannya.

Sungai Tamborasi

============================================================
============================================================
============================================================