sungai
Ilustrasi via instagram @kabutpagi

Selain bersih, sungai Tamborasi nyatanya juga dinobatkan sebagai sungai terpendek di Indonesia dan dunia. Hal tersebut lantaran panjangnya hanya berada di kisaran 20 meter, dengan lebar 15 meter.

Berlokasi di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal menarik lain dari sungai ini adalah jaraknya yang berada sekitar 100 meter dari hulu dan sampai ke lautan lebih tepatnya ke kawasan pantai.

Hal itu lah yang membuat sungai ini nampak berbeda. Bentuknya membuat lokasi sungai ini nampak seperti danau, namun adanya aliran air ke muara membuktikan bahwa titik satu ini benar-benar sungai.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah di Buleleng Perkosa Putri Kandung Berusia 7 Tahun

Air dari sungai Tamborasi berasal dari sebuah mata Air yang berada di antara bebatuan tebing yang segar. Warnanya pun hijau dengan arus air yang tenang. disini mengalir. Hulu di sungai ini terhubung langsung dengan laut dan pantai Tamborasi yang terhampar pasir pantai putih bersih.

Sungai Sekonyer

sungai
Sungai Sekonyer via Shutterstock

Terbilang unik, karena sungai satu ini dijuluki dengan sebutan si hitam yang bersih. Hal tersebut lantaran jika dilihat secara langsung atau melalui banyak dokumentasi yang terunggah di mesin pencari, warna sungai Sekonyer memang nampak hitam.

Kendati begitu, warna hitam yang nampak tak lantas menandakan bahwa keadaannya tercemar. Kebalikannya, justru sungai ini dikenal sebagai salah satu sungai bersih di Indonesia.

BACA JUGA :  Maraknya Kasus Pencurian Hewan Ternak Resahkan Warga Kecamatan Leuwisadeng

Adapun penjelasan dari hitamnya warna air lantaran lokasinya yang memang berada di wilayah rawa gambut, yang memberikan efek warna gelap. Padahal, di sungai ini hidup ekosistem penting.

Perlu diketahui, sungai Sekonyer sendiri berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. TN Tanjung Puting sendiri merupakan wilayah konservasi untuk habitat orangutan.

Lain itu, lanskap di sisi kanan dan kirinya dipenuhi hutan gambut juga membuat sungai sekonyer dijuluki sebagai sungai Amazon versi Indonesia.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================