modal kecil
7 Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Ngehits dan Laris Manis. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Memiliki modal kecil bukan hambatan untuk memulai sebuah usaha. Selama ada niat dan ketekunan serta perencanaan yang baik, kamu bisa menghasilkan banyak untung hanya dengan memanfaatkan modal yang ada.

Melansir beberapa sumber, berikut 7 usaha modal kecil untung besar yang ngehits dan laris manis

1. Laundry kiloan

Tidak sedikit orang yang lebih senang untuk menggunakan jasa laundry kiloan dibandingkan dengan mencuci sendiri. Kesibukan menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan jasa tersebut. Selain itu, usaha ini biasanya juga laris saat sedang memasuki musim hujan.

modal kecil

Laundry kiloan umumnya tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar. Kamu bisa mulai menjalankan usaha ini dari modal sekitar Rp5 jutaan. Usaha ini juga cocok untuk kamu yang tinggal di lingkungan mahasiswa dan pekerja.

2. Bisnis ternak kelinci

modal kecil

Hewan satu ini juga bisa menjadi dijadikan sebagai usaha menjanjikan dengan modal yang kecil. Kamu bisa menjual belikan kelinci dari mulai membeli bibit kelinci untuk diternakkan. Seiring berkembangnya bisnis, kamu bisa menambah modal supaya lebih banyak menjual kelinci.

3. Bisnis dropshipper

Perkembangan teknologi nyatanya memudahkan kamu untuk dapat memulai usaha. Dropshipper merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang patut kamu coba. Kamu bisa mulai usaha hanya dengan modal yang kamu punya bahkan tanpa modal sekalipun.

BACA JUGA :  Sambut HUT ke-13, Lorin Sentul Hotel Gelar Turnamen Futsal Antar Hotel dan Restoran se-Jabotabek

modal kecil

Pasalnya, kamu tidak perlu memiliki stok barang, cukup dengan menentukan jenis dan produk barang yang akan dijual saja. Banyak toko online yang menawarkan peluang ini. Hal yang perlu kamu lakukan cukup memasarkan produk semenarik mungkin pada calon konsumen agar mereka tertarik.

4. Les privat

Contoh usaha modal kecil untung besar lainnya adalah les privat. Kamu bisa mendirikan les privat sendiri tanpa khawatir modal. Keuntungan lainnya adalah kamu dapat mengatur tarif sendiri.

modal kecil

Selain les privat yang perlu mendatangi rumah siswa untuk mengajar, kamu juga bisa membuka tempat les di rumah. Hal yang kamu perlukan adalah papan tulis, meja kecil, serta perlengkapan menulis. Jika memungkinkan, sekarang les privat juga sudah bisa dilakukan lewat video conference.

5. Jasa fotografi 

Jika kamu memiliki kamera yang memadai dan senang akan dunia fotografi, ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Jasa fotografi sering dipakai untuk acara wisuda, pernikahan, atau momen spesial lain seperti acara reuni atau ulang tahun.

modal kecil

Kamu bisa mulai menawarkan jasa ini pada keluarga atau teman dekat sebagai langkah awal. Jika orang terdekat sudah puas, mereka tidak akan ragu merekomendasikan orang lain untuk menggunakan jasa kamu, deh.

BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

6. Desain grafis dan video editing 

Enaknya menjalankan usaha ini adalah fleksibilitas lokasi. Kamu bahkan bisa melakukannya dari rumah. Hanya dengan berbekal laptop, tablet, atau perangkat lain yang berguna untuk membantu pembuatan desain grafis dan juga video editing, kamu sudah bisa mulai mencari klien.

modal kecil

Prospek usaha ini juga cukup menjanjikan karena hampir semua sektor usaha kini memerlukan desain grafis dan video editor. Jika mulai banyak klien, kamu juga bisa mempekerjakan orang lain sehingga usahamu bisa semakin berkembang. Namun, jangan lupakan kualifikasinya juga, ya!

7. Kerajinan tangan

Bagi kamu yang memiliki ketekunan dan kreativitas, membuat kerajinan tangan bisa menjadi pilihan usaha yang patut dicoba. Kamu bisa mencoba membuat barang-barang dekorasi kerajinan tangan ataupun barang siap pakai seperti membuat aksesori, tas, dan produk kerajinan lainnya.

modal kecil

Meskipun hanya punya modal kecil, kamu tetap dapat memulai usaha tersebut dengan berjualan hiasan sederhana lewat toko online atau media sosial. Usaha ini juga bisa dilakukan oleh siapapun dari mulai pelajar sampai ibu rumah tangga. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================