sering marah tanpa sebab
10 Hal yang Membuat Orang Sering Marah Tanpa Sebab. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COMMarah merupakan hal yang wajar, asalkan disertai alasan yang wajar dan tidak berlebihan. Namun, jika Anda sering marah tanpa sebab, kondisi tersebut dapat menjadi pertanda dari gangguan mental hingga masalah kesehatan tertentu.

Melansir hellosehat.com, berikut penyebab orang sering marah tanpa sebab :

  1. Kurang tidur

sering marah tanpa sebab

Psikolog Julie de Azevedo Hanks, Ph.D, LCSW menjelaskan, kurang tidur dan kelelahan tanpa disadari dapat menyebabkan emosi meledak.

Kurang tidur membuat otak ikut kelelahan sehingga kerjanya menurun. Akibatnya, Anda sulit berkonsentrasi, sering bingung, sulit berpikir jernih, serta susah mencerna informasi baru.

Tubuh yang kelelahan ditambah dengan loyonya kerja otak membuat produktivitas menurun tajam. Lama kelamaan, situasi tersebut dapat membuat Anda menjadi stres.

BACA JUGA :  Jelang Play Off Olimpiade Paris 2024, Ini Kata Pelatih Timnas Indonesia U-23

Stres akibat pekerjaan, ditambah efek kurang tidur, bisa membuat emosi meledak seperti bom waktu. Sebagai contoh, Anda cemas karena pekerjaan belum selesai, padahal deadline sudah mepet.

Lalu, ketika orang lain bertanya mengenai pekerjaan atau hal lain yang terkait, Anda bisa mudah marah. Padahal, seharusnya Anda tidak perlu sampai marah untuk meresponsnya.

  1. Depresi

sering marah tanpa sebab

Depresi bisa menjadi penyebab orang sering marah tanpa sebab. Terkadang, pengidapnya bahkan dapat merespons suatu hal dengan ucapan atau perilaku kasar.

BACA JUGA :  Usai Santap Hidangan di Akikahan, Puluhan Warga Kolaka Keracunan Massal

Depresi juga mungkin membuat seseorang melakukan hal yang berisiko, contohnya menyetir ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan dan memerlukan penanganan serius. Ketika dibiarkan, depresi dapat berkembang menjadi masalah kesehatan mental yang lebih parah.

  1. Gangguan kecemasan

Rasa cemas dan gangguan kecemasan juga bisa membuat emosi seseorang gampang meledak. Ini disebabkan karena rasa cemas yang berlebihan bisa membuat seseorang kesulitan mengatur emosi.

Orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan cenderung berpandangan negatif terhadap suatu hal. Padahal, apa yang dibayangkan sebenarnya belum terjadi atau bahkan berpotensi baik.

============================================================
============================================================
============================================================