Teknologi jaringan 5G
Ilustrasi jaringan teknologi 5G.

BOGOR-TODAY.COM – Beberapa operator di Indonesia sudah mulai mengimplementasikan teknologi jaringan 5G. Hanya saja untuk menikmatinya, kamu tentu membutuhkan perangkat yang benar-benar tepat.

Jaringan 5G merupakan teknologi telekomunikasi yang sangat unik.

Sama seperti generasi sebelumnya, implementasinya dapat digelar menggunakan sejumlah rentang pita frekuensi yang bisa disesuaikan dengan kebijakan di sebuah wilayah.

Di Indonesia sendiri, setiap operator mempunyai ketentuan berbeda-beda meskipun sebagian besar mengusung teknologi 5G Non-Standalone (NSA). Telkomsel misalnya menggunakan band n40 (2.300MHz) sementara Indosat Ooredoo memakai band n3 (1.800MHz).

Para pelanggan yang ingin memanfaatkan jaringan baru dari operator-operator tersebut tentunya membutuhkan perangkat khusus. Tak hanya harus mendukung teknologi 5G NSA yang beroperasi di pita frekuensi, melainkan juga mempunyai pengaturan yang sesuai di sisi peranti lunaknya.

Namun sebagai catatan, handphone yang ada di daftar ini belum tentu sudah langsung mendukung jaringan 5G dari semua operator. Hal ini dikarenakan jaringan 5G di Indonesia masih dalam tahap implementasi awal dan membutuhkan waktu hingga akhirnya matang seperti 4G. Bahkan kamu mungkin perlu melakukan pembaruan firmware pada handphone dulu.

BACA JUGA :  Resep Membuat Soto Ayam Bening Khas Solo yang Sedap dan Nikmat, Bikin Ketagihan

Namun supaya kamu yang masih bingung lebih mudah untuk menentukannya, berikut rekomendasi handphone-handphone yang sudah mendukung teknologi jaringan 5G NSA di Indonesia berdasarkan keterangan perusahaan pengembang maupun operator seluler.

Rekomendasi Handphone 5G yang Ada di Indonesia

POCO M3 Pro 5G

teknologi jaringan 5G

POCO M3 Pro menjadi handphone 5G termurah di Indonesia ketika tulisan ini diterbitkan. Perangkat buatan Xiaomi ini bahkan belum memiliki lawan sepadan di rentang harganya yang dimulai dari Rp 2.599.000.

Berbekal chipset Dimensity 700 (7nm) yang mempunyai mampu dipacu hingga 2,2GHz, POCO M3 Pro diklaim sudah mendukung jaringan 5G yang disediakan oleh beberapa operator di Indonesia.

Handphone berkamera hingga 48MP ini pun sudah membawa sejumlah fitur unggulan yang tak boleh dilewatkan oleh para pengguna seperti layar 90Hz, NFC, IR Blaster, hingga baterai 5.000mAh.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Minuman Pereda Asam Lambung yang Bisa Dicoba di Rumah

OPPO A74 5G

teknologi jaringan 5G

Dibanderol seharga Rp 3.799.000, OPPO A74 5G dengan berbagai macam fitur di dalamnya tentu dapat menjadi opsi menarik bagi yang membutuhkan handphone berteknologi 5G pada pasar Rp 3 Jutaan.

Apalagi secara tegas, OPPO memastikan bahwa modem Qualcomm Snapdragon X51 5G pada chipset Snapdragon 480 yang mempersenjatai perangkat ini sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia.

OPPO A74 5G pun mempunyai beberapa dukungan menarik sebagai senjata andalan. Selain kamera hingga 48MP, NFC, dan baterai 5.000mAh, handphone ini pun membawa teknologi tambah RAM (RAM Expansion)

Vivo V21 5G

teknologi jaringan 5G

Melompat ke rentang harga 5 Jutaan, vivo V21 5G dengan banderol Rp 5.799.000 pun dapat menjadi alternatif bagi yang membutuhkan handphone 5G tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

============================================================
============================================================
============================================================