Ketua Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara
Bahas langkah pencegahan dalam menghadapi dampak resesi global di tahun 2023 Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, Kamis (17/11/2022). Foto : Diskominfo Kabupaten Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKomisi IX DPR RI ajak Pemkab Bogor sinergi tangkal ancaman resesi global 2023. Itu diungkapkan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bogor, Kamis (17/11/2022).

Terkait itu, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, untuk mencegah dan menghadapi isu resesi tahun 2023 nanti Pemkab Bogor sudah melaksanakan apa yang diperintahkan oleh pemerintah pusat terkait alokasi anggaran untuk ketahanan pangan sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD)

“Sekarang kami sedang rancang dana desa yang ada di Kabupaten Bogor, sudah kami alokasikan 40 persen untuk BLT, 20 persen untuk ketahanan pangan dan 8 persen untuk Covid sisanya 32 persen untuk kegiatan lain di desa,” jelas Iwan

BACA JUGA :  Lontong Tetap Segar dan Awet Hingga 2 Hari, Ini Dia Rahasianya

Selan itu, sambung Iwan bahwa Pemkab Bogor juga memiliki program unggulan yang namanya Satu Milyar Satu Desa (Samisade) jadi pemerintah memberikan bantuan keuangan khusus kepada desa, yang memang satu-satunya jadi kebanggaan di Bogor. Satu milyar satu desa yang diperuntukan merupakan dukungan akselerasi percepatan pembangunan, yaitu untuk jalan desa, irigasi desa, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Bima Arya Ajak Ratusan PKWT Ngaliwet, Siap Perjuangkan Kesejahteraan

Menurut Iwan, inflasi Kabupaten Bogor ini adalah salah satu daerah yang rata-rata masih dibawah toleransi. Inflasi nasional itu 5 persen sedangkan di Kabupaten Bogor masih berada dibawah 5 persen yakni di 3,5 persen, Kabupaten Bogor masih dibawah tingkat nasional.

“Alhamdulillah dengan dukungan dan anggaran juga bantuan yang lainnya, mudah-mudahan resesi global di Kabupaten Bogor ini kita bisa tangkal dengan anggaran yang diperuntukkan langsung kepada desa,” terangnya.

============================================================
============================================================
============================================================