BOGOR-TODAY.COM – Saat pakai skincare, penggunaan gua sha cukup populer untuk memijat wajah dan membantu penyerapan krim atau face oil lebih optimal. Teknik gua sha berasal dari Tiongkok dan dianggap bisa meningkatkan aliran “chi” atau energi di dalam kulit.

Gua sha dilakukan dengan batu khusus yang digosokkan lembut pada leher dan wajah. Metode ini dipercaya dapat berdampak baik pada kesehatan kulit wajah.

Melansir klikdokter.com, memijat wajah rutin menggunakan batu khusus atau jade roller dalam teknik gua sha bisa memberikan dampak yang baik untuk kulit, antara lain :

1. Wajah Lebih Relaks

Gesekan lembut dari batu gua sha ke kulit bisa memecah adhesi (perlengketan) antara jaringan ikat otot dan kulit. Tak heran, metode ini dapat membantu meredakan ketegangan otot pada wajah.

Apabila kamu sering menahan ketegangan di alis atau rahang ketika stres, gua sha sangat membantu untuk mencegah terbentuknya kerutan pada kulit.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat menggosokkan jade roller pada kulit, tekanan yang dihasilkan dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah di area tersebut.

Peningkatan aliran darah ini dapat menawarkan berbagai manfaat, seperti meningkatkan produksi kolagen, serta mengurangi bengkak, hiperpigmentasi, dan ketegangan otot.

3. Mengurangi Tampilan Kantung Mata

Facial massage dengan batu gua sha dapat bermanfaat untuk kesehatan sekaligus tampilan kulit wajah, salah satunya adalah meminimalkan tampilan kantung mata.

Alat gua sha membantu memperbaiki lymphatic drainage (membuka jaringan limfatik), sehingga tampilan kantung mata bisa diminimalkan. Namun, efeknya biasanya hanya sementara.

4. Memperbaiki Tampilan Kulit

Manfaat gua sha lainnya adalah membantu memperbaiki penampilan kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Hal ini dikarenakan drainase dan sirkulasi getah bening yang lebih baik, sehingga produk limbah yang berada di bawah permukaan kulit berkurang.

BACA JUGA :  Cara Membuat Sambal Kacang Gorengan yang Pedas dan Gurih

5. Merangsang Produksi Kolagen

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, manfaat gua sha dapat membantu merangsang produksi kolagen di kulit. Produksi kolagen yang meningkat dapat membantu meminimalkan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, kadar kolagen yang baik bisa meningkatkan elastisitas kulit, serta mungkin mengurangi jerawat dan hiperpigmentasi.

6. Membantu Penyerapan Skincare

Teknik gua sha dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan wajah. Krim, serum, dan berbagai skincare wajah lainnya bisa menembus lebih baik hingga ke bagian dalam kulit.

Menariknya, peningkatan sirkulasi darah pada wajah juga dapat meningkatkan khasiat dari produk perawatan kulit yang digunakan.

7. Mengurangi Wajah Bengkak

Memijat wajah dengan batu gua sha atau jade roller juga dapat mengurangi bengkak di wajah secara keseluruhan, misalnya saat bangun tidur. Tak heran bila banyak wanita yang menggunakan gua sha dalam rutinitas skincare pagi.

8. Pipi Lebih Tirus

Manfaat gua sha di garis rahang dan pipi adalah memberikan tampilan wajah yang lebih tirus. Hal ini bisa dicapai bila teknik gua sha dilakukan rutin dan benar.

Namun, efek tirus itu hanya sementara. Gua sha pun biasanya tidak menghilangkan double chin.

Cara Menggunakan Gua Sha

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, tentunya kamu perlu mengetahui cara menggunakan gua sha yang tepat. Batu gua sha atau jade roller yang digunakan juga harus bersih.

BACA JUGA :  Ngaku Guru Agama, Pria Makassar Nyamar Pakai Cadar Berbaur dengan Akhwat di Masjid

Coba ikuti cara menggunakan gua sha berikut ini:

  1. Bersihkan wajah sebelum menggunakan alat gua sha
  2. Oleskan minyak wajah, pelembap, atau serum agar mudah menggosokkan alat ke kulit
  3. Gerakkan alat mulai dari tengah dagu, dan sapukan alat melintasi garis rahang hingga mencapai telinga. Pastikan gosok alat sedekat mungkin ke kulit dan jaga agar alat tetap rata, idealnya pada sudut 15 derajat
  4. Berikan sedikit tekanan dan gosokkan wajah dengan alat ke arah luar, ulangi setiap gerakan sebanyak 3-5 kali di setiap sisi
  5. Gosokkan alat dari lipatan di samping hidung dan sapukan ke arah luar melewati pipi hingga mencapai telinga. Ulangi gerakan ini 3-5 kali di setiap sisi
  6. Jika ingin menggosokkan alat di area bawah mata, hati-hatilah dan jangan menekannya terlalu keras. Sapukan alat gua shadari sudut dalam mata ke bagian pelipis, kemudian ulangi 3-5 kali di setiap sisinya
  7. Gosokkan alat pada bagian tulang alis ke arah luar sebanyak 3-5 kali di tiap sisinya
  8. Pada dahi, sapukan alat gua shadari atas alis ke arah garis rambut. Ulangi 3-5 kali di setiap sisi
  9. Terakhir, oleskan pelembap yang lembut ke seluruh area wajah

Dokter Dyah Novita menyarankan, lakukan teknik gua sha sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Meski gua sha tergolong aman, namun ada kemungkinan terjadi efek samping seperti nyeri, memar, atau perubahan warna pada wajah. Hal-hal ini bisa disebabkan oleh tekanan yang berlebihan ketika memijat wajah. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================