warna lampu belakang mobil
Alasan Mengapa Warna Lampu Belakang Mobil Berwarna Merah, Orange dan Putih. Foto : Istimewa,

BOGOR-TODAY.COM – Banyak beberapa pemilik mobil yang mengganti warna lampu belakang mobil tidak sesuai dengan standar pabrikan dengan alasan supaya terlihat keren dan beda. Bahkan ada yang mengganti lampu rem dengan warna putih yang sangat menyilaukan dan membahayakan pengguna jalan lain di belakangnya. Padahal ada alasan mengapa warna lampu mobil, baik lampu rem, mundur, dan sein dibuat spesifik dan berbeda.

Baca Juga :  Resep Masakan Tahu Isi Sayur

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tiga warna pada lampu belakang mobil, yakni merah mewakili rem, oranye atau kuning mewakili lampu sein, dan lampu putih menjadi simbol lampu mundur. Ketiga warna ini dibuat berbeda agar mudah ditangkap mata bagi pengendara lain di belakang mobil kamu. Pemilihan warna lampu di kendaraan mengacu pada Vienna Convention on Road Traffic (1949), yang merupakan konvensi mengenai kendaraan di jalan raya.

Baca Juga :  Waspada, Ini Efek Samping Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi

Konvensi ini menyebutkan bahwa warna merah digunakan sebagai lampu belakang mobil. Ini terkait dengan mata normal manusia yang sanggup menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400-700 nanometer (nm). Sementara itu, warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang yaitu 630-760 nm.