Adapun cara terbaik untuk membersihkan daging mentah adalah dengan merendam seluruh bagiannya ke dalam air, lalu gosok menggunakan perasan jeruk nipis. Kemudian, Anda bisa mengolahnya atau membekukannya untuk stok.

Selain itu, cara mengolah daging juga perlu diperhatikan. Pastikan daging dimasak dengan matang sempurna untuk menjaga kebersihannya.

  1. Membersihkan alat masak dan pisahkan

Setelah membersihkan sayuran, langkah berikutnya adalah mencuci peralatan memasak. Anda harus langsung mencuci alat memasak setiap habis digunakan.

Perhatikan juga penggunaan peralatan memasak. Jangan sampai Anda menggunakan pisau atau peralatan yang sama untuk mengolah makanan mentah dan makanan matang.

BACA JUGA :  REFLEKSI HARI PENDIDIKAN NASIONAL: REPRESI SISTEM PENDIDKAN DALAM BENTUK KOMERSIALISASI

Ini dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi silang atau cross contamination yang membuat makanan kurang bersih akibat transfer bakteri dari alat masak.

  1. Membersihkan tangan

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan tangan bersih saat proses memasak berlangsung. Tangan Anda harus dalam keadaan bersih sebelum dan saat mengolah bahan makanan. Terutama jika ada bahan makanan yang berbeda.

Selain itu, pastikan juga tangan Anda dalam keadaan bersih setelah mengolah bahan makanan dan sebelum makan.

  1. Menyimpan bahan makanan dengan baik
BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Penyimpanan makanan juga harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kondisi dan kualitas makanan. Bahan makanan harus dipastikan kebersihannya baik sejak persiapan hingga akan dikonsumsi.

Pastikan tidak ada serangga seperti lalat, kecoa, tikus, dan lainnya yang membawa bakteri dan hinggap di bahan makanan.

Anda dapat melindungi makanan dan bahan makanan dengan memanfaatkan tudung saji, lemari, kulkas, atau area menyimpan makanan lainnya.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================