“Untuk dapur mandiri bagi para korban bencana khususnya warga Kabupaten Bogor, kami sudah koordinasi dengan kepala desa dan pak camatnya juga untuk mensupport logistik yang akan dimasak bagi warga dan relawan yang akan melakukan bakti sosial terhadap reruntuhan rumah-rumah yang roboh yang terdampak bencana. sehingga support untuk makan, sehingga Pak Kades sepakat untuk membuat dapur mandiri,” ujar Eni.

Sementara untuk dapur umum yang berlokasi di RSUD Cimacan khususnya untuk membantu warga Kabupaten Cianjur, tim Dinsos bersama 15 Tagana sejak malam sudah mempersiapkan dapur umum dan memasang tenda. Disamping memfasilitasi korban dan sebagainya di sekitar rumah sakit itu juga nanti makanannya akan di distribusikan ke tempat-tempat yang sulit dijangkau.

BACA JUGA :  Resep Membuat Botok Ayam untuk Menu Sahur dan Berbuka, Dijamin Lezat Bikin Nagih

Katanya, tim sudah pasang-pasang tenda dan peralatan untuk masak. Kemungkinan besok akan masak nanti disitu melibatkan juga pesantren, bersama  Tagana akan memfasilitasi warga dan relawan yang sedang melakukan bakti sosial.

“Untuk beroperasi sementara di Cianjur, berdasarkan SK Tanggap Darurat Gubernur untuk sekitar 2 minggu  biasanya ada perpanjangan, tergantung kondisi disana seperti apa. Insyaallah kita siap, kalau ada bencana memang sudah tugas kami selalu siap, harus siap karena bagian dari tugas Dinsos,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Ester mengungkapkan, tim medis dan ambulance Dinkes sudah meluncur sejak tadi pagi ke lokasi bencana baik di Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur serta RSUD Cimacan, bahkan personil hingga kini masih stay disana.

BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Bahkan katanya, ia telah menyiapkan tempat tidur di 4 RSUD untuk para korban bencana alam dengan rincian, RSUD Ciawi 30 bed, RSUD Cileungsi 15 bed, RDUD Cibinong 20 bed dan RSUD Leuwiliang 15 bed.

“Kami sudah koordinasi dengan 4 RSUD Kabupaten Bogor dan 2 RSUD  Cianjur yakni RSUD Cimacan dan RSUD Sayang. Tim medis turun bawa obat-obatan dan alat kesehatan buat pertolongan. Sementara rujukan sudah dilakukan dari RSUD Cimacan ke RSUD Ciawi ada sekirar 7 pasien,” tandasnya. (*/Gistin)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================