Gender dengan Jenis Kelamin
Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang sering kali memakai istilah gender dengan jenis kelamin secara bergantian. Padahal, keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Kenali lebih lanjut makna serta perbedaannya dan jenis kelamin melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu gender dan jenis kelamin?

Sebagian masyarakat mungkin memahami gender dan jenis kelamin sebagai dua hal yang sama. Alhasil, tak jarang keduanya pun sering digunakan secara bergantian.

Meskipun sekilas mirip, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Gender

Gender adalah sesuatu yang mengacu pada karakteristik seseorang, termasuk peran, perilaku, ekspresi, dan identitas, yang dibangun secara sosial.

Menurut WHO, gender cenderung bervariasi antara satu kelompok masyarakat dengan yang lainnya. Hal ini pun dapat berubah dari waktu ke waktu.

Gender seseorang tidak selalu ditentukan oleh jenis kelamin biologisnya. Jenisnya pun dapat berubah tergantung norma yang ada pada lingkungan tempat tinggalnya.

Norma ini termasuk cara seseorang berinteraksi dengan orang lain yang berjenis kelamin sama atau berlawanan, misalnya dalam keluarga dan tempat kerja.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Menu Makan Siang dengan Semur Daging Istimewa yang Lezat dan Nikmat

Apabila orang tersebut merasa tidak sesuai dengan norma, mereka lebih mungkin menghadapi stigma dan perilaku diskriminatif yang berdampak pada kesehatan mental maupun fisik.

Jenis kelamin

Jenis kelamin atau seks merupakan karakteristik yang didasarkan pada faktor biologis, seperti organ reproduksi, kromosom, dan hormon, yang disebut sebagai karakteristik seks primer.

Sebagian besar orang membagi seks ke dalam dua jenis (biner), yakni laki-laki dan perempuan.

Karakteristik seks pada laki-laki mencakup adanya organ reproduksi pria (testis, penis prostat), kromosom XY, dan kadar testosteron yang lebih tinggi.

Sementara karakteristik seks pada perempuan meliputi organ reproduksi wanita (vagina, rahim, ovarium), kromosom XX, dan kadar estrogen yang lebih tinggi.

Meski begitu, seseorang juga mungkin terlahir dengan memiliki variasi karakteristik laki-laki dan perempuan. Kondisi ini sendiri dikenal dengan istilah interseks atau kelamin ganda.

BACA JUGA :  Cemilan Rumahan dengan Donat Labu yang Sedang Viral Kelezatannya

Interkseks mungkin diketahui saat seseorang lahir. Namun, sebagian orang juga dapat hidup dalam kondisi ini tanpa diketahui siapa pun, termasuk dirinya sendiri.

Perbedaan gender dan jenis kelamin

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin yang seseorang miliki bersifat multak, sedangkan gender cenderung tidak mutlak alias mungkin bisa berubah.

Jenis kelamin ditentukan oleh faktor-faktor biologis yang ada sejak lahir. Sementara itu, gender dibangun secara sosial berdasarkan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Sebagai contoh, ada yang orangtua merasa tidak senang karena anaknya tidak lahir dengan jenis kelamin yang diidamkannya.

Lalu, si orangtua memperlakukan anaknya seperti anak berjenis kelamin berseberangan, misalnya merawat anak perempuan layaknya laki-laki dan begitu pula sebaliknya.

Seiring bertambahnya usia, anak tersebut mungkin akan memilih identitas sesuai jenis kelaminnya. Namun, pada beberapa orang, gendernya bisa berseberangan dengan jenis kelamin. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================