Gender dengan Jenis Kelamin
Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang sering kali memakai istilah gender dengan jenis kelamin secara bergantian. Padahal, keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Kenali lebih lanjut makna serta perbedaannya dan jenis kelamin melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu gender dan jenis kelamin?

Sebagian masyarakat mungkin memahami gender dan jenis kelamin sebagai dua hal yang sama. Alhasil, tak jarang keduanya pun sering digunakan secara bergantian.

Meskipun sekilas mirip, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Baca Juga :  Resep Membuat Ramuan Herbal Pengganti Obat Sirup yang Aman dan Anti Pahit, Si Kecil Pasti Suka

Gender

Gender adalah sesuatu yang mengacu pada karakteristik seseorang, termasuk peran, perilaku, ekspresi, dan identitas, yang dibangun secara sosial.

Menurut WHO, gender cenderung bervariasi antara satu kelompok masyarakat dengan yang lainnya. Hal ini pun dapat berubah dari waktu ke waktu.

Gender seseorang tidak selalu ditentukan oleh jenis kelamin biologisnya. Jenisnya pun dapat berubah tergantung norma yang ada pada lingkungan tempat tinggalnya.

Norma ini termasuk cara seseorang berinteraksi dengan orang lain yang berjenis kelamin sama atau berlawanan, misalnya dalam keluarga dan tempat kerja.

Baca Juga :  FOTO-FOTO Kerusakan Bangunan Pasca Gempa Magnitudo 5,6 Mengguncang Cianjur

Apabila orang tersebut merasa tidak sesuai dengan norma, mereka lebih mungkin menghadapi stigma dan perilaku diskriminatif yang berdampak pada kesehatan mental maupun fisik.

Jenis kelamin

Jenis kelamin atau seks merupakan karakteristik yang didasarkan pada faktor biologis, seperti organ reproduksi, kromosom, dan hormon, yang disebut sebagai karakteristik seks primer.

Sebagian besar orang membagi seks ke dalam dua jenis (biner), yakni laki-laki dan perempuan.